Developing task-based supplementary reading materials incorporating multiple intelligences for the eighth graders / Winarko - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing task-based supplementary reading materials incorporating multiple intelligences for the eighth graders / Winarko

Winarko (2017) Developing task-based supplementary reading materials incorporating multiple intelligences for the eighth graders / Winarko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Winarko. 2017. Mengembangkan materi bacaan tambahan berbasis tugas yang menggabungkan kecerdasan majemuk untuk kelas 8 SMP. Thesis. Pendidikan Bahasa Inggris. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Enny Irawati M.Pd. (2) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Keywords Pembelajaran berbasis tugas bacaan tambahan pengembangan materi kecerdasan majemuk Sebagai salah satu komponen kunci dalam kurikulum peran materi pembelajaran penting dalam pengajaran bahasa inggris. Namun berdasarkan wawancara dengan guru bahasa inggris dan analisa buku salah satu masalah utama dalam penerapan kurikulum 2013 untuk bahasa inggris SMP adalah kekurangan teks bacaan dalam buku teks When English Rings a Bell . Dengan mempertimbangkan konteks pembelajaran dan keunikan siswa penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi bacaan tambahan berbasis tugas dengan mengaitkan teori kecerdasan majemuk. Desain penelitian menggunakan model ADDIE yang dimodifikasi sesuai kebutuhan dan kondisi lapangan. Penelitian dan pengembangan ini disusun berdasarkan prosedur berikut ini 1) analisa kebutuhan 2) perancangan produk 3) pengembangan 4) validasi ahli and revisi 5) uji coba produk 6) revisi produk akhir. Instrumen penelitian menggunakan kuesiner wawancara dan cek lis validasi. Data kuantitatif dianalisa menggunakan deskriptif statistik. Data kualitatif dalam bentuk komentar kritik saran dan koreksi digunakan sebagai dasar pertimbangan untuk pengembangan dan perbaikan produk penelitian. Produk akhir berupa buku suplemen berjudul Reading Intelligently buku panduan guru dan dilengkapi Video CD. Buku suplemen siswa terdiri dari 4 unit tiap unit terdapat 2 teks bacaan. Setiap proses pembelajaran terdapat 10 bagian kegiatan yang durutkan sebagai berikut let s refresh useful expression let s observe let s discuss highlights the key words let s read let s explore let s do it s grammar time let s communicate and let review. Hasil temuan dalam fase validasi ahli mengindikasikan bahwa produk telah layak dalam hal isi bahasa penyajian dan grafis. Data yang diperoleh setelah uji coba produk menunjukan bahwa nilai diantara interval 3.25 8804 x 8804 4. Artinya produk dikategorikan sangat baik. Implikasinya bisa digunakan dalam proses pembelajaran karena dianggap layak bisa diterapkan dan berterima. Berkaitan dengan penilaian dari siswa secara keseluruhan tentang produk 95 45% setuju bahwa produk telah sesuai kriteria untuk menjadi buku suplemen. Hasil dari penelitian ini menyediakan sumber belajar dalam bentuk materi bacaan tambahan. Berdasarkan data yang diperoleh dalam tahapan validasi ahli dan uji coba lapangan produk ini bisa menjadi solusi dalam permasalahan yang ditemukan dalam fase analisa kebutuhan. Produk ini diharapkan bermanfaat bagi siswa dan guru untuk memperkaya materi bacaan dalam pembelajaran bahasa inggris. Selain itu juga diharapkan berguna untuk peneliti dan pengembang materi selanjutnya untuk menindaklanjuti kajian tentang pengembangan materi suplemen pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58873

Actions (login required)

View Item View Item