Dharmesta, Kinanthi Widyadhari (2017) Teacher's questions as a strategy to support students' understanding in the reading class / Kinanthi Widyadhari Dharmesta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dharmesta K. W. 2016. Tipe-Tipe Pertanyaan Guru sebagai Strategi untuk Membantu Siswa Memahami lebih Baik di Kelas Membaca. Thesis. Graduate Program in English Language Teaching State University of Malang. Advisors (I) Prof. Ali Saukah M.A. Ph. D (II) Dr. Sintha Tresnadewi M.Pd. Kata Kunci pertanyaan membuat siswa belajar skill course Seiring berjalannya waktu keberadaan dari pertanyaan menjadi hal yang penting dalam hal belajar dan mengajar termasuk pembelajaran bahasa. Karena tujuan belajar adalah untuk suatu peningkatan dan strategi bertanya diketahui efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa menjadi lebih baik maka jenis pertanyaan yang mana yang dapat mendukung pemahaman siswa lebih baik replika dari penelitian Prasetianto (2014) menarik untuk dikaji lebih dalam. Untuk tujuan ini kajian ini menggunakan rancangan kualitatif untuk mengidentifikasi tipe-tipe pertanyaan apa saja yang dipakai oleh guru EFL kelas sepuluh di kelas membacanya dan pertanyaan yang mana yang dapat membuat siswa-siswa belajar. Suatu ceklist observasi dipakai sebagai instrumen penelitian ini untuk membantu menjawab pertanyaan pertama. Disisi lain untuk menjawab pertanyaan kedua digunakan retrospektif protokol dan panduan wawancara. Kedua instrumen ini dibagikan kepada responden siswa yang mendapat perbaikan dalam nilai mereka dan dipilih secara acak. Observasi kelas dan wawancara dihentikan ketika tidak ada lagi data baru yang masuk. Berdasarkan takso yang sudah direvisi diperoleh hasil bahwa guru memakai pertanyaan mengingat memahami menerapkan menganalisis mengevaluasi dan mencipta serta teka-teki pertanyaan induktif dan pertanyaan yang mengecek pemahaman (Understanding Check or UC) selama sesi tanya dan jawab. Dengan mengurutkan pertanyaan-pertanyaan tersebut dari yang paling efektif ke yang paling kecil kecil tinkgkat keefektifannya adalah pertanyaan mengingat menerapkan dan menganalisah memahami dan mengevaluasi mencipta dan pertanyaan induktif yang mendapat responden paling sedikit. Semuanya dilihat dari perspectif siswa. Jenis pertanyaan yang mengecek pemahaman (UC) dan teka-teki ditemukan pada saat menganalisa data. Oleh karena itu tipe-tipe pertanyaan tersebut belum sempat ditanyakan kepada siswa. Dengan demikian penelitian yang akan datang mungkin bisa lebih menggali lebih dalam tentang keberadaan tipe pertanyaan teka-teki dan tipe pertanyaan mengecek pemahaman terhadap pemahaman siswa. Pada kenyataannya antusias dari siswa-siswa pun juga perlu dipertimbangkan. Para guru dapat secara dinamis menanyakan pertanyaan memahami menerapkan menganalisis mengevaluasi mencipta dan pertanyaan induktif ketika memakai strategi bertanya. Yang lebih penting murid-murid merasa senang untuk diingatkan tentang materi-materi yang mereka telah pelajari dengan menanyakan tipe pertanyaan mengingat pada pertemuan berikutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58870 |
Actions (login required)
View Item |