Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui media ligkungan sekolah kelas IV SDN Bacem 03 Sutojayan Kabupaten Blitar / Ida Putriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui media ligkungan sekolah kelas IV SDN Bacem 03 Sutojayan Kabupaten Blitar / Ida Putriani

Putriani, Ida (2015) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui media ligkungan sekolah kelas IV SDN Bacem 03 Sutojayan Kabupaten Blitar / Ida Putriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putriani Ida. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Media Lingkungan Sekolah Kelas IV SDN Bacem 03 Sutojayan Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Sri Murdiyah M.Pd (2) Drs. Rochani S.Pd. Kata kunci peningkatan keterampilan menulis media lingkungan sekolah Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada kelas IV SDN Bacem 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar diketahui bahwa (1) guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan penugasan sehingga kurang mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (2) minimnya media pembelajaran yang digunakan guru (3) guru kurang memberikan motivasi pada siswa dalam kegiatan menulis (4) siswa kesulitan mengembangkan ide dan kurang teliti dalam menulis paragraf. Hal tersebut mengakibatkan keterampilan siswa dalam menulis deskripsi rendah sehingga perlu diadakannya penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media lingkungan sekolah dalam menulis deskripsi dan peningkatan keterampilan menulis deskripsi menggunakan media lingkungan sekolah pada siswa kelas IV SDN Bacem 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu pe-rencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi catatan lapangan tes dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan mengumpulkan data menyajikan dan mendeskrip-sikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh peningkatan aktivitas guru dan siswa serta hasil menulis deskripsi siswa pada siklus I rata-rata persentase aktivitas guru sebesar 85% persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 79% dan rata-rata nilai menulis deskripsi siswa sebesar 72 dengan ketuntasan klasikal sebesar 61%. Pada siklus II aktivitas guru dan siswa serta hasil menulis deskripsi siswa mengalami peningkatan yakni persentase aktivitas guru sebesar 98% persentase klasikal aktivitas siswa sebesar 94 5% dan rata-rata nilai menulis deskripsi siswa 79 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan media lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis deskripsi yang ditunjukkan pada hasil menulis deskripsi dan aktivitas siswa kelas IV SDN Bacem 03 Sutojayan Blitar. Oleh karena itu disarankan agar guru hendaknya memanfaatkan media lingkungan sekolah dalam kegiatan menulis deskripsi dan menggunakan metode serta media yang menarik agar tujuan pembelajaran tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5887

Actions (login required)

View Item View Item