Wijayanti, Rosmala Adi (2017) Coping strategies for public speaking anxiety: the case of successful EFL Learners in Indonesia / Rosmala Adi Wijayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wijayanti Rosmala Adi. 2016. Strategi untuk Mengatasi Kecemasan Berbicara di depan Umum Studi Kasus pada Pembelajar Bahasa Inggris Berprestasi di Indonesia. Tesis. S2 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Ali Saukah M.A. Ph.D. (II) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd M. Ed. Kata kunci strategi mengatasi kecemasan berbicara di depan umum pembelajar Bahasa Inggris berprestasi Pembelajar bahasa mengalami kecemasan lebih tinggi ketika berbicara daripada di kemampuan berbahasa yang lain. Hal ini dapat berdampak negatif pada kemampuan mereka untuk menampilkan bahasa secara sukses. Untuk mengatasi masalah ini para pembelajar juga bisa mengembangkan strategi mereka sendiri selama proses pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini diadakan demi menemukan cara mengatasi kecemasan berbicara di depan umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data didapatkan melalui (1) studi dokumentasi pada rekap prestasi anggota Formasi dari Universitas Brawijaya untuk memilih subyek penelitian ini (2) melakukan wawancara mendalam pada subyek terpilih untuk mendapatkan data utama (3) daftar strategi dikirim pada subyek terpilih untuk meningkatkan konsistensi pada data. Jumlah subyek pada penelitian ini sebanyak lima orang yang merupakan pembelajar Bahasa Inggris berprestasi. Analisis data meliputi (1) menulis transkrip data (2) melakukan reduksi data (3) mengklasifikasi dan menganalisis data sesuai pada fase dan kategori yang digunakan di penelitian ini. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) pembelajar Bahasa Inggris berprestasi menggunakan strategi dalam kategori persiapan kegigihan relaksasi berpikir positif dan mencari teman di lima fase untuk mengatasi kecemasan berbicara di depan umum (2) pembelajar Bahasa Inggris yang berbeda memiliki kesamaan dalam penggunaan strategi pada berpikir positif mencari teman persiapan kegigihan dan relaksasi dan mereka menggunakan strategi untuk meningkatkan penampilan efektif cukup sering (3) pembelajar Bahasa Inggris yang berbeda menggunakan strategi tertentu pada persiapan kegigihan relaksasi berdasarkan kebutuhan dan kesukaan mereka masing-masing dan mereka bisa fokus untuk menggunakan kelompok strategi tertentu sesuai kebutuhan di fase-fase yang berbeda. Dapat disimpulkan bahwa pembelajar Bahasa Inggris berprestasi memiliki lima fase untuk mengatasi kecemasan berbicara di depan umum. Mereka menggunakan strategi behavioral lebih sering daripada kelompok strategi lain. Selain itu dengan memiliki kemampuan bahasa dan kepercayaan diri yang tinggi mereka bisa lebih baik untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan umum. Mereka yang dari bermacam jurusan kuliah juga bisa berhasil dalam belajar bahasa dan mengatasi kecemasan berbicara di depan umum. Pada akhirnya pembelajar Bahasa Inggris yang memiliki kecemasan berbicara disarankan untuk mencoba strategi ini. Para pembelajar berprestasi dalam penelitian ini bisa melatihkan strategi mereka untuk membantu pembelajar lain. Guru juga disarankan untuk mengenalkan strategi ini agar digunakan murid mereka di dalam atau luar kegiatan kelas. Bagi peneliti lain di masa mendatang pada topik ini mereka sebaiknya menambah subyek penelitian dan melibatkan kegiatan berbicara yang lain untuk mendapatkan strategi yang lebih beragam dan untuk memperdalam pemahaman yang lebih lengkap tentang mengatasi kecemasan berbicara di depan umum.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58869 |
Actions (login required)
View Item |