Hidayat, Luki Emiliya (2017) Developing online ESP-based supplementary reading materials for multimedia program students of SMKN 10 Malang / Luki Emiliya Hidayat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hidayat LukiEmiliya 2016. PengembanganMateriTambahanMembacaBahasaInggris Online Berbasis ESP untukSiswa Program Keahlian Multimedia di SMKN 10 Malang. Tesis. JurusanPendidikanBahasaInggris Program PascaSarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL. M.Pd. (2) Dr. EnnyIrawati M.Pd. Keywords material development ESP reading PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanmateritambahanmembacaBahasaInggrisberbasis ESP untuksiswakelassebelas program keahlian Multimedia di SMKN 10 Malang. Produk yang bernamaVocational Reading inidapatdiaksesmelaluilamanwww.vocaread.comdandapatdigunakanolehsiswaselamamelaksanakankegiatanPraktekKerjaIndustri (Prakerin) di luarsekolah. ProdukinidikembangkanuntukmemenuhhikebutuhansiswaPrakerinuntukmemilikimaterimembacaBahasaInggris yang akanmembantumeningkatkanpemahamanmerekadalammembaca manual yang berhubunganeratdengankeahliankerjamereka. Penelitianinimengadaptasidesainpenelitiandanpengembangan yang digagasoleh Gall et al. (2003) dan Lee Owens (2004) yang meliputilangkah-langkahberikut 1) analisiskebutuhan 2) desainproduk 3) pengembangandanimplementasiproduk 4) evaluasidan 5) produkakhir. Padatahapanalisiskebutuhan penelitianinimelibatkan 62 siswaPrakerin tiga guru BahasaInggris danseorangpemilikusaha. Padatahapvalidasi penelitianinimelibatkanseorang validator ahli di bidangpengajaranmembacaBahasaInggrisdanpengembanganbahan ajar sertaseorang validator ahli di bidang multimedia danteknologipembelajaran. Padafaseujicoba penelitianinimelibatkan 20 siswaPrakerindanseorang guru BahasaInggris. Data yang dikumpulkanberupaobservasi wawancara kuesioner tesmembacaBahasaInggris danceklis. Jenisbacaandantopik yang terdapatdalamprodukinidisesuaikandenganhasilanalisiskebutuhan yang diadopsidari model analisiskebutuhanpengembanganbahan ajar ESP yang digagasolehBasturkmen (2010). BahanbacaandalamprodukinidianalisaberdasarkankriteriamaterimembacaBahasaInggris yang baikmenurutNuttal (1996) sedangkanaktivitas-aktivitasdalamprodukinidisusunberdasarkan model yang dikembangkanoleh Brown (2007) dan Rudder (2007). Untukmengetahuikemampuanmembacapemahamansiswa produkinijugamenyertakantahapevaluasi yang disusunberdasarkanmatrikskemampuanmembaca yang dikembangkanolehSulistyo (2008). HasilvalidasiolehpakarpengajaranmembacaBahasaInggrisdanpengembanganadalah 88 yang menunjukkanbahwaprodukinitermasukkategorisangatbaik sedangkanhasilvalidasiolehpakar multimedia adalah 82 yang menunjukkanbahwaprodukinitermasukkategoribaik. Padatahapujicoba hasilkuesionersiswaadalah 81 yang menunjukkanbahwaprodukinitermasukkategoribaik sedangkanhasilkuesioner guru adalah 87.5 yang menunjukkanbahwaprodukinitermasukkategorisangatbaik. Hasilujicobajugamenunjukkanbahwatopikbacaanproduk yang sesuaidengankeahliankerjasiswadapatmeningkatkanminatdanmotivasimembacasiswa jugameningkatkanpemahamanmembaca manual siswadenganstrategimembaca yang berbeda-bedamelaluiaktivitas yang bervariasi. Produkinijugamelatihsiswauntukbelajarmandirimelaluiaktivitas-aktivitas yang disediakanpadalaman internet. Penelitianinimenganjurkanbeberapa saran untuk guru pengembangmateridanpenelitiselanjutnya. Untukpara guru di SMK sangatdianjurkansupayamerekamengembangkanpengetahuanmengenai ESP denganmengikutiberbagaipelatihanmengenaipembelajaran ESP. Untukpengembangmateriselanjutnya disarankanuntukmengembangkanmaterimembacauntukkelompokjurusan SMK yang lain sehingga guru akanmemilikipilihanmateri yang bervariasidandapatdijadikaninspirasiuntukmengembangkanmaterisendiri yang sesuaidengankebutuhansiswamereka. Sedangkanuntukpenelitiselanjutnya disarankanuntukmelakukanpenelitianeksperimentaldantindakankelasuntukmengukurefektivitasprodukinidanpengaruhnyadalammeningkatkanhasilbelajarsiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58868 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |