Rhetorical moves in the introductions of Islam-related research articles / Tantry Ajeng Parnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Rhetorical moves in the introductions of Islam-related research articles / Tantry Ajeng Parnawati

Parnawati, Tantry Ajeng (2017) Rhetorical moves in the introductions of Islam-related research articles / Tantry Ajeng Parnawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Parnawati Tantry Ajeng. 2016. Langkah Retorik di Bagian Pendahuluan dari dari Artikel Penelitian Terkait dengan Islam. Thesis. Graduate Program of English Language Teaching State University of Malang. Advisors (1) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A (2) Dr. Suharmanto M.Pd. Keywords pola retorik artikel penelitian model Swales CARS (2004) Bagi penulis awam menulis artikel penelitian bisa menimbulkan kesulitan dalam hal tertentu. Terlebih lagi jika mereka harus menulis artikel penelitian dengan menggunakan bahasa kedua seperti Bahasa Inggris. Di sisi lain terdapat persyaratan tentang publikasi artikel penelitian untuk melengkapi perolehan gelar mereka atau untuk tujuan lain. Karenanya hal ini menjadi salah satu alasan bahwa artikel penelitian telah menjadi genre yang paling penting diantara jenis tulisan akademis lainnya. Sehingga hal ini telah menarik minat yang besar bagi peneliti untuk melakukan penelitian di bidang pola retorik dari artikel-artikel penelitian. Penelitian ini adalah sebuah invetigasi pola retorik dari bagian pendahuluan artikel penelitian di jurnal terkait dengan Islam yang dipublikasikan di Indonesia. Penelitian ini mengarah pada pertanyaan tentang langkah-langkah apa yang digunakan di pendahuluan artikel penelitian. Data dari penelitian ini diambil dari jurnal yang telah terakreditasi oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia atau RISTEK DIKTI. Jurnal-jurnal yang telah memenuhi kriteria adalah jurnal yang terkait dengan Islam. Mengutamakan pada analsis teks data yang ada di analisis menggunakan model Swales CARS (2004). Model tersebut menggunakan istilah moves dan steps untuk menandai realisasi unsur linguistik. Terdapat tiga moves Move 1- Establishing a territory (kutipan wajib) Move 2- Establishing a niche (kutipan dimungkinkan) and Move 3- Presenting the present work (kutipan dimungkinkan) and 11 langkah-langkah. Langkah-langkah tersebut adalah sub-unit yang merepresentasikan bagaimana moves ditampilkan. Fokus pada bagian pendahuluan penelitian ini mengungkap hasil lain yaitu bahwa pola generik dari artikel penelitian berkaitan dengan Islam berbeda dari pola generik umum IMRD(C). Pola generik umum dari artikel penelitian mengungkap jenis baru dari tampilan bagian-bagian yang menghilangkan bagian Result (R) atau temuan dan Diskusi (D). Dalam hal bagian pendahuluan penelitian ini menemukan bahwa terdapat beberapa jenis penempatan moves yang berbeda dari model Swales CARS (2004). Terlebih lagi terdapat kecenderungan untuk melewati M2 di artikel-artikel penelitian tersebut. RAs tersebut menggunakan paragraf yang tidak termasuk pada moves manapun. Keseluruhan temuan menyarankan penyesuaian untuk implikasi baik dalam hal pedagogig dan penelitian kedepannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58867

Actions (login required)

View Item View Item