Students' opinions on what makes listening comprehension difficult / Prita Kusumawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Students' opinions on what makes listening comprehension difficult / Prita Kusumawati

Kusumawati, Prita (2017) Students' opinions on what makes listening comprehension difficult / Prita Kusumawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prita Kusumawati. 2016. Pendapat Siswa Mengenai Kesulitan yang Dihadapi saat Memahami Listening. Tesis Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. (2) Dr. Arwijati Wahjudi Murdibjono Dip.TESL. M.Pd. Kata Kunci Kesulitan Pendapat Siwa Pemahaman Listening. Dalam penelitian ini peneliti ingin menemukan kesulitan lain yang dihadapi oleh siswa yang memiliki level intermediate khususnya di Universitas Negeri Malang Indonesia. Peneliti menyadari bahwa siswa yang belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing masih sangat memerlukan interkasi alami dalam L2. Dengan perbedaan kebudayaan dan lingkungan peneliti ingin mengetahui apa saja yang membuat siswa di Indonesia mengalami kesulitan dalam memahami listening. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptifkuantitatif. Subjek yang digunakandalampenelitianiniadalahdelapanbelassiswa yang telahmengambilmatakuliah Interpretive Listening.Angket digunakan dalam pengumpulan data. Peneliti akan mengkatagorikan kesulitan menjadi tiga area. Mereka adalah kesulitan yang ditemukan kesulitan dalam teks dalam pendengardankesulitan dalam media. Masalah listening yang berhubungan dengan isi teks listening memiliki tiga poin. Hasil menunjukkan bahwa siswa mengakami kesultan dalam grammar yang kompleks teks yang terlalu panjang dan topik yang tidak familiar. Persentase menunjukkan 33.3%-40% siswa menjawab sering mengalami . Masalah listening yang berhungan dengan pendengar memiliki empat poin. Hasil menunjukkan bahwa siswa mengalamikesulitan memahami jargon idiom kata dan topic yang tidak familiar. 40% dari siswa menjawab sering . Yang terakhir mengenai masalah yang berhubungan dengan pembicara/media. Hasil menunjukkan bahwa ketika pembicara berbicara terlalu cepat maka siswa akan mengalami kesulitan untuk memahami apa yang telah dibicarakan. 46.47% dari siswa menjawab sering mengalami kesulitan memahami isi pembicaraan ketika pembicara berbicara terlalu cepat. Kesimpulandaripenelitianinimenunjukkanbahwasebagianbesarsiswamengalamikesultandalamgrammar yang kompleks teks yang terlalu panjang dan topik yang tidak familiar kesulitan memahami jargon idiomdanmemahami isi pembicaraan ketika pembicara berbicara terlalu cepat. Penelitianselanjutnyadiharapkanuntuklebihmenyeluruhtidakhanyaterpakupadasiswa ELT (English Language Teaching) namunjugasiswa ELL (English Language Literature) agar memperolehhasil yang lebihkomplit.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58866

Actions (login required)

View Item View Item