Perception of senior high school English teachers and students about personal competence / Aurora Paramahita Kusumawardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perception of senior high school English teachers and students about personal competence / Aurora Paramahita Kusumawardhani

Kusumawardhani, Aurora Paramahita (2017) Perception of senior high school English teachers and students about personal competence / Aurora Paramahita Kusumawardhani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumawardhani Aurora Paramahita. 2016. Perception of English Teachers and Students on Personal Competence. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D (II) Fachrurrazy M.A. Ph.D Kata kunci persepsi guru Bahasa Inggris kompetensi kepribadian Sangatlah penting bagi para guru untuk mulai menyadari bahwa memiliki kompetensi kepribadian yang unggul sangat berperan pada kualitas belajar dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru Bahasa Inggris terhadap kompetensi kepribadian mereka persepsi peserta didik terhadap kompetensi kepribadian guru Bahasa Inggris dan kesesuaian antara persepsi guru Bahasa Inggris dan peserta tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survei dengan partisipan sampel 35 orang guru Bahasa Inggris and 246 peserta didik kelas XII dan XI dari SMA negeri di Malang. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dan panduan wawancara untuk guru Bahasa Inggris dan peserta didik. Instrumen tersebut telah diuji coba pada guru bahasa Inggris dan peserta didik kelas XII SMKN 12 Malang dan telah divalidasi oleh ahli dan secara statistik. Prosedur analisis data adalah (a) memeriksa dan menyortir kuesioner (b) mentabulasi data (c) menyajikan jawaban dari masing-masing item berdasarkan jumlah dari jenis pilihan (d) menginterpretasikan data kuantitatif (e) mentranskrip hasil wawancara dan (f) menginterpretasikan dan menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan (1) persepsi guru Bahasa Inggris sangat bagus (89 68%). Nilai-nilai yang paling menonjol adalah fleksible peduli memiliki empati dan menolong bertanggung jawab hangat bersikap baik mendorong dan memotivasi berpikiran terbuka bekerja sama tepat waktu komunikatif dan interaktif percaya diri dan bangga menghormati adil aktif dan memahami kemampuan individu peserta didik (2) Persepsi peserta didik sangat bagus (77 30%). Nilai-nilai yang paling menonjol adalah percaya diri dan bangga hangat bersikap baik menghormati adil memahami kemampuan individu peserta didik ceria rendah hati dan memberi penjelasan yang jelas (3) Sebagian besar dari nilai-nilai yang menonjol dari persepsi peserta didik termasuk dalam nilai-nilai yang menonjol dalam persepsi guru Bahasa Inggris. Nilai-nilai yang sama yang muncul dari persepsi guru Bahasa Inggris dan peserta didik adalah memiliki pengetahuan yang luas dan memahami kemampuan individu peserta didik. Persepsi guru Bahasa Inggris terhadap kompetensi kepribadiannya meliputi nilai-nilai yang berhubungan dengan kemampuan kognitif dan afektif. Namun persepsi peserta didik terhadap kompetensi kepribadian lebih berkaitan dengan nilai-nilai afektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58865

Actions (login required)

View Item View Item