Self-directed learning as a means to enhance EFL learners' autonomy across genders / Aulia Nourma Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Self-directed learning as a means to enhance EFL learners' autonomy across genders / Aulia Nourma Putri

Putri, Aulia Nourma (2017) Self-directed learning as a means to enhance EFL learners' autonomy across genders / Aulia Nourma Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Aulia Nourma. 2016. Self-Directed Learning sebagai Penunjang Kemandirian Pembelajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing Dilihat dari Perbedaan Gender. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharmanto M.Pd. (II) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd. M.Ed. Keywords Self-directed learning kemandirian belajar gender Self-directed learningdianggap sebagai faktor yang sangat berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian siswa karena teorinya yang berhubungan dengan teori kemandirian dalam belajar. Penelitian ini berfokus pada self-directed learning siswa dalam meningkatkan kemandirian dalam belajar dan perbedaan antara pria dan wanita pada kemandirian belajar dan self-directed learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-directed learning dalam meningkatkan kemandirian belajar serta pengaruh gender pada kemandirian belajar dan self-directed learning. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk guru Bahasa Inggris pembelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan peneliti yang akan datang. Penelitian ini melibatkan 90 mahasiswa Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya. Sampel yang diambil adalah mahasiswa semester tujuh di jurusan Sastra Inggris berdasarkan asumsi jika mereka telah menempuh hampir semua mata pelajaran Bahasa Inggris sehingga kecakapan mereka dalam Bahasa Inggris baik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner Learner Autonomy Questionnaire (LAQ) dan Self-Directed Learning Readiness Scale (SDLRS). Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan SPSS 20.0 untuk menguji hipotesis pada taraf signifikansi .05. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat kontribusi signifikan pada self-directed learning terhadap kemandirian belajar siswa meskipun korelasi keduanya hanya .382 (rendah). Hasil penelitian ini menyangkal teori dan penelitian sebelumnya yang menerangkan bahwa self-directed learning adalah faktor yang sangat berpengaruh terhadap meningkatkan kemandirian belajar. Diketahui pula bahwa tidak terdapat perbedaan antara pria dan wanita pada kemandirian dalam belajar yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi .398. Selain itu diketahui pula bahwa tidak terdapat perbedaan antara pria dan wanita pada self-directed learning. Tetapi analisis statistik menunjukkan bahwa wanita sedikit lebih mandiri dan mempunyai self-directed learningdaripada pria. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self-directed learning bukan satu-satunya faktor yang menentukan kemandirian pembelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan tidak ada hubungan antara gender dengan kemandirian dalam belajar dan self-directed learning.Beberapa saran ditujukan untuk guru Bahasa Inggris karena pentingnya peran mereka dalam meningkatkan kemandirian belajar siswanya. Selain itu saran juga ditujukan untuk pembelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing untuk meningkatkan kemandirian mereka demi suksesnya pembelajaran dan peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian yang terfokus pada kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58863

Actions (login required)

View Item View Item