The Vocational High School (VHS) teacher's perceptions on 2013 curriculum English materials: a case study at SMKN 7 Malang / Cindy Irawati - Repositori Universitas Negeri Malang

The Vocational High School (VHS) teacher's perceptions on 2013 curriculum English materials: a case study at SMKN 7 Malang / Cindy Irawati

Irawati, Cindy (2017) The Vocational High School (VHS) teacher's perceptions on 2013 curriculum English materials: a case study at SMKN 7 Malang / Cindy Irawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irawati Cindy. Irawati Cindy. Persepsi Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pada Materi Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Sebuah Studi Kasus di SMKN 7 Malang. Tesis S2 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. and Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Kata Kunci persepsi guru materi Bahasa Inggris Kurikulum 2013 untuk SMK materi tambahan Penelitian ini mengeksplorasi pandangan guru Bahasa Inggris kelas sepuluh di SMKN 7 Malang terhadap penggunaan buku teks Bahasa Inggris yang diterbitkan oleh pemerintah. Tiga pertanyaan penelitian dirumuskan sebagai berikut (1) apa pendapat guru terhadap materi Bahasa Inggris dalam buku teks (2) bagaimana guru memberi para murid mereka materi tambahan Bahasa Inggris (3) apa alasan guru SMK Bahasa Inggris dalam memilih materi tambahan untuk siswa SMK kelas 10 Subyek penelitian terdiri dari dua guru Bahasa Inggris yang mengajar di kelas sepuluh di SMKN 7 Malang. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data termasuk kuesioner dan wawancara yang mendalam. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode kualitatif dengan desain studi kasus untuk menganalisis dan menginterpretasikan data.Data dikumpulkan dari kuesioner dan juga hasil wawancara. Pengumpulan data terdiri dari tiga pertemuan. Ketiga pertemuan dilaksanakan seluruhnya di SMKN 7 Malang dan hal tersebut dilakukan pada semester pertama tahun ajaran 2015-2016. Pertemuan yang pertama adalah untuk mengisi kuesioner dan dua pertemuan berikutnya adalah untuk wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) para guru merasa kesulitan untuk menggunakan buku teks Bahasa Inggris yang didistribusikan oleh pemerintah karena materinya yang terlalu umum dan belum cukup spesifik terutama untuk siswa kelas 10 di SMKN 7 Malang. Dengan demikian para guru memutuskan untuk memberikan materi tambahan Bahasa Inggris untuk siswa (2) guru memberikan semacam modul yang mudah bagi siswa untuk menutupi materi Bahasa Inggris yang belum terdapat di dalam buku teks. Kedua guru menyesuaikan materi dari berbagai sumber seperti dari internet jurnal dan mengadaptasi dari sumber buku lain. Menurut guru tingkat kesulitan pentingnya berbagai bahan ajar kebutuhan siswa adalah hal-hal penting untuk memenuhi kebutuhan siswa terutama bagi siswa SMK (3) alasan guru SMK Bahasa Inggris memilih bahan tambahan Bahasa Inggris karena mereka berpendapat bahwa siswa SMK sebaiknya mendapatkan ESP sebagai bekal bagi dunia kerja mereka di masa depan. Sementara itu materi di dalam buku teks masih terlalu umum dengan kesulitan yang cukup dan kurangnya penjelasan terutama pada materi pola tata bahasa. Dengan demikian para guru menyusun materi tambahan Bahasa Inggris dari materi yang mudah sampai materi yang sulit. Peneliti menyarankan guru Bahasa Inggris di SMKN 7 Malang agar lebih proaktif dengan proses belajar dan mengembangkan materi tambahan untuk mendukung tujuan pembelajaran terutama untuk mata pelajaran Bahasa Inggris agar siswa SMK lebih memahami materi berdasarkan program studi mereka. Peneliti juga menyarankan agar pemerintah dapat merevisi buku teks untuk edisi berikutnya dengan memperhatikan kebutuhan siswa khususnya SMK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58862

Actions (login required)

View Item View Item