Developing an English listening and speaking wordbook for intensive class students of State Islamic University Maulana Malik Ibrahim Malang / Nur Farah Ukhrowiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing an English listening and speaking wordbook for intensive class students of State Islamic University Maulana Malik Ibrahim Malang / Nur Farah Ukhrowiyah

Ukhrowiyah, Nur Farah (2017) Developing an English listening and speaking wordbook for intensive class students of State Islamic University Maulana Malik Ibrahim Malang / Nur Farah Ukhrowiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ukhrowiyah Nur Farah. 2016. PengembanganBukuKerjaMendengardanBerbicarauntukMahasiswaKelasIntensifUniversitas Islam NegeriMaulana Malik Ibrahim Malang. Master Tesis. Program Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Johannes AnantoPrayogoM.Pd M.Ed. (II) Prof. A. Effendi Kadarisman M.A. Ph.D. Kata Kunci BukuKerjaBahasaInggris I kelasIntensif mendengar berbicara PenelitiandanPengembangan. Karena tidak tersedianya buku kerja yang tepat yang digunakan di kelas Intensif penelitianinibertujuanuntukmemproduksiBukuKerjaBahasaInggris I bagimahasiswa semester ke-3 kelasIntensifuntukmembantumerekadalammeningkatkankemampuanmendengardanberbicara. Selainitu pengembanganbukukerjainijugabertujuanutukmembantumahasiswadalambelajardanmenerapkanbeberapa genre teksbahasaInggrisdalamkemampuankomunikasimerekasecaralebihmudahmelaluimateridansituasi yang menyenangkan. BukukerjainidikembangkansesuaidengantujuankelasIntensif tujuanBukuKerjabahasaInggris I dankebutuhansertalevel mahasiswa. Desainpenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahPenelitiandanPengembangandengantahapan yang diajurkanoleh Borg Gall and Gall (1983) antara lain penelitiandanpengumpulan data perencanaan pengembanganprodukawal ujicobaawal revisiproduk ujicobaakhir revisiprodukoperasional danrevisiprodukakhir. Proses pengukuran kebutuhandanuji coba akhirdilaksanakan di limakelasIntensifdariduajurusan yang berbeda yakniPendidikan Agama Islam (PAI) danIlmuPendidikanSosial (IPS) sebagaiwakildariseluruhjurusan yang belajar di kelasIntensifdenganmenggunakancatatan lapangan daftarevaluasi dan kuesioner.Selain itu data yang diperoleh dari wawancara dosen kelas Intensif juga menjadi aspek yang berguna untuk mengembangkan buku kerjaini. Hasilmenunjukkanbahwabukukerja yang terdiridari 9 unit (7 unit utamadan 2 unit ulasan) memperolehbanyakresponpositifdarimahasiswakelasIntensifdalam proses ujicobaakhir. Mahasiswasetujubahwakehadiranbukuinisangatlahpentinguntukmembantumerekameningkatkankemampuanmendengardanberbicarakarenabukukerjainididikungolehbeberapaaspekpentingseperti kata kunci focus tatabahasa latihanmendengartambahan instruksi yang jelas materi yang tersusunrapi kemasanbukukerja yang rapidanmenarik latihan yang sesuaibagimahasiswaberkemampuanrendahsampaitinggi latihanberbicara yang mendorongmahasiswauntukberkomunikasi dankeberagamantipeaktifitasmendengardanberbicara. Sebagaikesimpulan denganmenyusunmaterisecaralebihbaikdanmelengkapinyadenganbeberapaaspekpenting yang telahdisebutkan di atas penelitibisamemecahkanmasalah yang dihadapiolehmahasiswakelasIntensifterkaitdenganbukukerjasebelumnya yang tidaklayakkarenatidakmemenuhisyaratsebagaibukukerja yang ideal danakhirnyamempersulitmahasiswauntukmeningkatkankemampuanmendengardanberbicaramereka. Selanjutnya penelitimenyarankan para dosenkelasIntensifuntukmengikutipetunjuksaatmengajarbukukerjainidanmempertimbangkanpembagianwaktuuntukmemilihmanatugas yang dibutuhkandansesuaiuntukdilakukan di dalamkelasataumenjadipekerjaanrumahbagimahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58861

Actions (login required)

View Item View Item