Modeling relationships among personality, writing apprehension, writing strategies, and EFL writing ability / Istiqamah Ardila

Ardila, Istiqamah (2017) Modeling relationships among personality, writing apprehension, writing strategies, and EFL writing ability / Istiqamah Ardila. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardila, Istiqamah. 2016. Modeling Relationships among Personality, Writing Apprehension, Writing Strategies, and EFL Writing Ability. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo, M.A. (II) Dr. Ekaning Dewanti Laksmi, M.Pd., M.A. Keywords: Pemodelan hubungan, kepribadian, kekhawatiran menulis, strategi menulis, kemampuan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pemodelan hubungan antara kepribadian, kekhawatiran menulis, strategi menulis, dan kemampuan menulis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan desain regresi berganda yang dikenal dengan sebutan Analisis Jalur. Sumber data dalam penelitian ini adalah 106 mahasiswa jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Antasari Banjarmasin. Ada dua instrument penelitian yang digunakan yaitu kuesioner dan tes. Kuesioner digunakan untuk mengambil data mengenai kepribadian, kekhawatiran menulis, dan strategi menulis mahasiswa. Sementara tes yang digunakan berupa tes menulis yang bertujuan untuk mengukur kemampuan menulis bahasa inggris mereka. Kemudian untuk mengungkapkan hubungan antara variabel tersebut seluruh data dianalisis menggunakan metode regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara kepribadian, kekhawatiran menulis, dan strategi menulis terhadap kemampuan menulis mahasiswa. Hubungan yang signifikan hanya ditemukan antara kekhawatiran menulis dengan strategi menulis yang berkontribusi sebesar 32.9 % dan antara kepribadian dengan kekhawatiran menulis sebesar 27 % dari total nilai. Penemuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki tingkat kekhawatiran menulis kemungkinan berasal dari kepribadian mereka dan berdasarkan kekhawatiran menulis itu, mereka akan lebih bisa menggunakan dan memilih strategi yang tepat dan menulis. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel terkait terhadap kemampuan menulis mahasiswa dan penelitian ini menunjukkan bahwa kekhawatiran mahasiswa dalam menulis mempengaruhi strategi mereka dalam menulis. Disarankan kepara para dosen dan guru untuk menggunakan metode dan teknik pembelajaran yang kreatif dengan memperhatikan kepribadian dan tingkat kekhawatiran siswa. Manajemen kelas yang baik didukung dengan lingkungan pembelajaran yang mendukung juga perlu diperhatikan. Untuk penelitian berikutnya, disarankan agar variabel yang dilibatkan merupakan perpaduan antara aspek kognitif dan afektif karena ditemukan dalam penelitian ini bahwa korelasi dari variabel yang tidak terindentifikasi sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58860

Actions (login required)

View Item View Item