Improving learners' writing recount text achievement through project based learning / Made Wahyu Mahendra - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving learners' writing recount text achievement through project based learning / Made Wahyu Mahendra

Mahendra, Made Wahyu (2017) Improving learners' writing recount text achievement through project based learning / Made Wahyu Mahendra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahendra Made Wahyu.2016. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Recount melalui Project Based Learning. Tesis JuruJurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Enny Irawati M.Pd (II) Dr. Suharmanto M.Pd. Kata Kunci Project Based Learning pemahaman menulis Personal Photograph Pentingnya kemampuan menulis telah menjadi fokus utama dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Signifikansi kemampuan menulis dilihat dari kemampuannya untuk membuat siswa lebih efektif dalam sosial kognitif dibandingkan dengan kemampuan berbicara di samping meningkatkan kemampuan siswa untuk menghasilkan ide ketika proses menulis dilakukan. Setelah melakukan studi pendahuluan untuk mengetahui masalah siswa dalam menulis peneliti menemukan bahwa masalah siswa terletak pada kemampuan siswa mengorganisasi tulisan mereka ketidakakuratan penggunaan struktur bahasa dan pilihan kata. Berangat dari hal tersebut peneliti mengajukan project based learning sebagai solusi. Personal photograph juga diintegrasikan dalam project based learning sebagai media. Media ini dipilih karena cocok dengan strategi yang akan diimplementasikan dan sesuai dengan aspek yang ingin ditingkatkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis teks recount dan juga melihat keaktifan dan motivasi siswa setelah mendapat pengajaran dengan teknik ini. Hasil observasi di tiap siklus akan dibandingkan dengan hasil yang didapat dari studi pendahuluan untuk menyimpulkan apakah siswa sudah memenuhi kriteria kesuksesan belajar atau tidak. Penelitian ini melibatkan 28 siswa sebagai subjek yang berasal dari kelas delapan di SMPN 1 Negara. Dari jumlah tersebut 14 di antaranya tercatat tidak memenuhi kriteria kesuksesan belajar yang sudah ditetapkan. Kriteria tersebut di antaranya peningkatan skor sebanyak 10 poin dari hasil awal 14 siswa yang tidak memenuhi standar penilaian dan peningkatan secara praktikal pada aspek yang spesifik. Penelitian ini menggunakan tes untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa lembar observasi dan catatan lapangan untuk mengetahui keaktifan siswa serta kuisioner untuk mengetahui motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 14 siswa terdeksi bermasalah berhasil memenuhi kriteria kesuksesan dimana skor mereka meningkat setidaknya 10 poin dibandingkan dengan studi pendahulu setelah dua siklus. Tercatat juga bahwa dua siswa tidak berhasil memenuhi kriteria kesuksesan pada siklus pertama yang membuat peneliti beserta kolaborator lanjut ke siklus berikutnya. Sebagai tambahan lainnya project based learning juga mampu meningkatkan tingkat keaktifan siswa dalam belajar. Selain itu siswa juga menjadi lebih terlatih untuk menggunakan bahasa Inggris. Lebih jauh mereka juga termotivasi untuk mengimplementasikan gaya belajar ini pada materi materi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58859

Actions (login required)

View Item View Item