Improving students' low frequency words achievement through implementing modified keyword method / Anjar Muttaqin - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving students' low frequency words achievement through implementing modified keyword method / Anjar Muttaqin

Muttaqin, Anjar (2017) Improving students' low frequency words achievement through implementing modified keyword method / Anjar Muttaqin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anjar muttaqin. 2016. Meningkatkan Pencapaian Kosakata Berfrekuensi Rendah melalui Penerapan Metode Modified Keyword. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Mohammad Adnan Latief M.A. Ph.D. (II) Dr. Enny Irawati M.Pd. Keywords Kosa-kata Modified Keyword Method Telah ada banyak penelitian yang membahas cara yang paling efektif untuk menghafal kosakata dalam rangka mendukung keterampilan siswa terutama membaca. Penelitian ini dilakukan untuk mengoptimalkan pencapaian kosa kata yang berfrekuensi rendah melalui metode Modified Keyword Method (MKM). Subjek penelitian ini adalah semester kedua kelas XI multimedia 1 siswa tahun akademik 2015/2016. Subjek penelitian terdiri dari 34 siswa. Peneliti memilih kelas ini sebagai subjek penelitian karena sebagian besar siswa merasa sulit untuk memahami teks bahasa Inggris dengan baik karena mereka kekurangan kosa kata terutama pada kata-kata yang berfrekuensi rendah. Metode penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Peneliti melakukan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus dengan tiga pertemuan. Ada 25 kata-kata berfrekuensi rendah yang harus dikuasai. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan tes kosakata. Strateginya terdiri atas beberapa langkah-langkah berikut (1) Menjelaskan definisi modified keyword method dua langkah penting dalam mengimplementasikannya dan langkah-langkah dalam mengingat kembali definisi kata-kata yang ditargetkan. (2) Memisahkan siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas lebih dari dua siswa. (3) Memotivasi dengan memberikan hadiah. (4) Mengimplementasikan modified keyword method. (5) Pemantauan proses siswa dalam menerapkan modified keyword method. (6) Berlatih mengingat kembali definisi dari kata-kata yang telah dipelajari. (7) Belatih sekali lagi untuk mengingat kembali definisi dari kata-kata yang telah dipelajari setelah selang waktu (seminggu). Temuan menunjukkan bahwa seluruh siswa (100%) mencapai kriteria keberhasilan. Dari 28 siswa yang diklasifikasikan dalam kelas rata-rata 4 siswa lulus kriteria keberhasilan (50) sedangkan 24 siswa lainnya lulus target siswa kelas tinggi (75). Sementara itu ke-6 siswa yang termasuk dalam klasifikasi kelas tinggi berhasil mencapai kriteria keberhasilan (Kriteria ketuntasan minimal 75). Pencapaian tersebut juga diperkuat dengan hasil positif dari kuesioner dari semua siswa. Singkatnya 7 langkah modified keyword method sebagai strategi pengajaran terbukti berhasil dalam meningkatkan kosakata siswa pada kata-kata berfrekuensi rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58857

Actions (login required)

View Item View Item