Nugroho, Arif (2017) Act of requesting employed by Indonesia ESP Lecturers / Arif Nugroho. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nugroho Arif. 2016. Tindak Tutur Permintaan oleh Pengajar ESP di Indonesia. Tesis Program Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. A. Effendi Kadarisman M.A. Ph.D. (II) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd. M.Ed. Kata kunci strategi permintaan variabel situasi tindak tutur permintaan pragmatik ESP Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana para pengajar ESP (English for Specific Purposes) merealisasikan tindak tutur permintaan dalam bahasa Inggris. Secara lebih khusus penelitian ini memberikan gambaran tentang strategi yang dipakai oleh pengajar ESP dalam merealisasikan tindak tutur permintaan pengaruh variabel situasi jarak sosial dominasi dan penekanan dalam pemilihan strategi dan alasan mereka dalam memilih strategi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripsi. 28 pengajar ESP dilibatkan dalam pengambilan data dengan menggunakan angket pengisian wacana (Discourse Completion Test). Sejumlah 330 bentuk tindak tutur permintaan telah didapat dan digunakan sebagai data dalam penelitian ini. Selain itu peneliti juga melakukan wawancara untuk menemukan alasan mereka dalam menggunakan strategi tertentu. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan mengacu kepada teori pengelompokan strategi permintaan oleh Blum-Kulka dan Olshtain (1984) dan teori kesopanan oleh Brown dan Levinson (1987). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengajar ESP di Indonesia menggunakan tiga jenis strategi dalam mengungkapkan tindak tutur permintaan yaitu strategi langsung (12%) strategi tak langsung konvensional (83%) dan strategi tak langsung non-konvensional (5%). (2) Dalam memilih strategi permintaan pengajar ESP dipengaruhi oleh variabel situasi jarak sosial dominasi dan penekanan. (3) Variabel situasi dan juga budaya lokal menjadi alasan utama para pengajar ESP di Indonesia dalam pemilihan strategi permintaan. Temuan lain menunjukkan bahwa pentingnya permintaan dan penampilan fisik menjadi faktor lain yang mempengaruhi pemilihan strategi permintaan mereka. Belajar suatu bahasa juga harus mempelajari budayanya. Maka dari itu para pengajar ESP disarankan untuk mengajarkan bahasa Inggris beserta dengan budayanya untuk mengasah kemampuan intercultural siswa. Lebih lanjut lagi penelitian-penelitian yang akan datang di bidang yang sejenis disarankan untuk mengkaji tipe kesopanan dalam tindak tutur permintaan dan pengaruh jenis kelamin dan faktor psikologi dalam dalam pemilihan strategi permintaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58856 |
Actions (login required)
View Item |