Metacognition of good EFL readers / Armin Fani - Repositori Universitas Negeri Malang

Metacognition of good EFL readers / Armin Fani

Fani, Armin (2017) Metacognition of good EFL readers / Armin Fani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fani Armin. 2016. Metakognisi oleh Pembaca Bahasa Inggris yang Baik. Tesis Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Arwijati Wahjudi Dip.TESL M.pd (2) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Keywords Metakognisi Pembaca Bahasa Inggris yang Baik Membaca untuk Memahami. Untuk dapat mengontrol dan memonitor proses membaca pembaca harus mempunyai informasi yang cukup tentang pengetahuan metakognisi dalam cakupan diri sendiri tugas dan strategi. Selanjut nya pembaca juga harus menerapkan strategi metakognisi di tiga tahapan membaca yaitu pada sebelum-membaca ketika-membaca dan setelah-membaca. Disebabkan ada nya korealsi positif antara penerapan metakognisi dengan prestasi membaca jadi akan sangat diperlukan untuk meneliti penggunaan metakognisi oleh beberapa orang tertentu yaitu pembaca bahasa inggris yang baik. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mempelajari (1) bagaimana kesadaran oleh pembaca bahasa inggris yang baik tentang pengetahuan metakognisi mencakup aspek diri sendiri tugas dan strategi (2) strategi metakognisi apa yang diterapkan oleh pembaca bahasa inggris yang baik pada pada pase sebelum-membaca ketika-membaca dan setelah-membaca Untuk menjawab tujuan dari penelitian yang disebutkan di atas seleruh proses dari penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah empat orang pembaca bahasa inggris yang baik. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan instrumen laporan lisan retrospektif dan wawancara semi-tersetruktur. Data yang terkumpul dianalisis melalui tahapan penganalan data pengkodean dan penyampaian hasil data. Kelayakan terhadapa hasil penelitian ini diperkuat dengan menggunakan tringulasi pada instrumen pengumpulan data dan pengecekan ulang hasil data analisis oleh subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini disampaikan secara deskriptif. Temuan dari penelitian ini menunjukkan faktor yang termasuk dalam aspek pengetahuan metakognitif dan jenis strategi metakognitif yang digunakan oleh pembaca bahasa inggris yang baik pada fase sebelum-membaca selama-membaca dan setelah membaca. Temuan tentang pengetahuan metakognitif pada aspek diri sendiri meliputi kesadaran tentang keutamaan dan kekurangan kognitif sebagai seorang pembaca. Untuk pengetahuan metakognitif pada aspek tugas meliputi definisi sebenar nya tentang tugas dan tuntutan dari tugas yang akan dikerjakan. Yang terakhir mengenai pengetahuan metakognitif tentang strategi mencakup kesadaran tentang keefektifan seuatu strategi untuk menyelesaikan tugas. Selanjut nya hasil dari penelitian ini juga memperlihatkan jenis dari metakognitif strategi yang di pakai oleh pembaca bahasa inggris yang baik pada fase sebelum-membaca ketika-membaca dan setelah-membaca. Pada fase sebelum-membaca metakognitif strategi yang digunakan meliputi pengorganisasian cara membaca secara lebih lanjut perencaan penggunaan strategi membaca dan memfokuskan proses membaca untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan pada fase ketika-membaca metakognitif strategi yang digunakan meliputi pemonitoran pemahaman membaca untuk merugalasi proses membaca. Terakhir pada fase setelah-membaca pembaca bahasa inggris yang baik mengunakan strategi penilaian terhadap tujuan membaca dan merefleksi hasil dari pemahaman membaca yang dilakukan untuk mengevaluasi proses membaca. Secara pengajaran hasil peneltian ini menyarankan agar strategi metacognitisi dimasukan secara tersirat dalam proses mengajar membaca untuk memahami. Secara structure penelitian hasil dari penelitian ini menganjurkan agar meneliti asosiasi atau interaksi antara metacognisi dengan sifat-sifat bawan yang lain dari siswa seperti prestasi pembelajaran bahasa strategi belajar bahasa dan gaya belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58852

Actions (login required)

View Item View Item