College students' judgements about lecturers' language teaching and learning activities based on their beliefs about language learning / Novian Zaini - Repositori Universitas Negeri Malang

College students' judgements about lecturers' language teaching and learning activities based on their beliefs about language learning / Novian Zaini

Zaini, Novian (2017) College students' judgements about lecturers' language teaching and learning activities based on their beliefs about language learning / Novian Zaini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zaini Novian. 2016. College Students Judgements about Lecturers Teachingand Learning Activities Based on Their Beliefs About Language Learning. Tesis. Pendidikan Bahasa Inggris Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharmanto M. Pd. (II) Dr. Johannes A. Prayogo M. Pd. M. Ed. Kata kunci kegiatanpembelajaranbahasa penilaian asumsidalampembelajaranbahasa Asumsidalampembelajaranbahasaberkaitaneratdenganpreferensiterhadapkegiatanpembelajaranbahasa sehingga dosen dan mahasiswa pastimembawa kepercayaan dan preferensi mereka ke dalam kelas. Penelitianinibertujuanuntukmencaritahu 1) asumsidosendalampembelajaranbahasa 2) bagaimanaasumsitersebutterefleksikandalamkegiatanpembelajaranbahasa yang merekaterapkan 3) asumsimahasiswaterhadappembelajaranbahasa 4) bagaimanaasumsitersebutterefleksikandalampreferensimerekaterhadapkegiatanpembelajaranbahasa dan 5) pendapatmahasiswaterhadapkegiatanpembelajaranbahasa yang diterapkanolehdosenmereka dilihatdarikepercayaanmereka. Untukitu penelitimelakukan penelitiankualitatif. Data didapatkandengankuesionerbernama BALLI (Beliefs about Language Learning Inventory) wawancara danobservasi. Asumsidosendanmahasiswaditeliti menggunakan BALLI. Setelahitu dua orang mahasiwadipilihdarisetiapdosen terdiri dari satu orang mahasiswa yang memilikiasumsisamadengandosennya dansatu orang mahasiswa yang memilikiasumsi yang tidaksamadengandosennya. Kemudian para dosen diobservasi untukmengetahuikegiatanpembelajaranbahasa yang diterapkan. Di sampingitu mahasiswayang terpilih diwawancaraiterkaitpreferensimerekaterhadapkegiatanpembelajaranbahasa serta pendapatmerekaterhadapkegiatanpembelajaranbahasa yang diterapkanolehdosenmereka. Penelitianini menemukanbahwakeduadosendanmahasiswanyamemilikiasumsimerekasendiridalampembelajaranbahasa. Ibu Linda percaya bahwa mahasiswa membutuhkan banyak masukan dan latihan mengenai kompetensi komunikatif sedangkan Pak Ahmad percaya bahwa mahasiswa harus menguasai tata bahasa dan kosakata yang banyak. Asumsi mereka terefleksikan dalam kegiatan pembelajaran bahasa yang mereka terapkan dimana Ibu Linda banyak memberikan masukan dan latihan mengenai kompetensi komunikatif sedangkan Pak Ahmad banyak memberikan penjelasan dan latihan tata bahasa dan kosakata. Para mahasiswa pun memiliki kepercayaan mereka sendiri sehingga viewasi mereka terhadap kegiatan pembelajaran yang diterapkan oleh dosen mereka pun berbeda-beda. Mahasiswa yang memilikiasumsi yang samadengandosennya memandangkegiatanpembelajaranbahasa yang diterapkandosennyaakomodatif efektif danmenantang. Sedangkan mahasiswa yang memilikikepercayaan yang berbedadengandosennya memandangkegiatanpembelajaranbahasa yang diterapkandosennyakurangakomodatif kurangefektif danterlalusulitatauterlalumudah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58849

Actions (login required)

View Item View Item