Teacher talk modification as input in ELF classroom / Lintang Kumalaning Angkasa

Angkasa, Lintang Kumalaning (2017) Teacher talk modification as input in ELF classroom / Lintang Kumalaning Angkasa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Angkasa, LintangKumalaning. 2016.Modifikasi Bahasa GurusebagaiInputdalamkelasBahasaInggris.Tesis.S2 PendidikanBahasaInggris, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. YazidBasthomi, M.A., (2) Dr. SuharmantoRuslan, M.Pd. Kata kunci: teacher talk, input, second language acquisition Teacher talk atau bahasa yang digunakan oleh guru merupakan salah satu input bahasa yang membantu siswa dalam mempelajari bahasa kedua.Teacher talk juga berfungsi sebagai pemicu interaksi yang terjadi dalam proses belajar dan mengajar, yang dapat membantu siswa dalam memahami materi secara interaktif. Terdapat beberapabentuk dari modifikasi teacher talk, yaitu; slower rate of speech, pauses, exaggerated pronunciation, simplified pronunciation, simplified vocabulary, simplified degree of subordination, declarative sentence, self-repeat. Setiap bentuk dari teacher talk dapat digunakan sebagai instruksi, memberikan penjelasan materi, memberikan ulasan dan berbagai macam interaksi dan komunikasi di dalam kelas. Akan tetapi, beberapa guru masih kurang memahami pentingnya teacher talk dalam proses pembelajaran. Sebagai gantinya, guru lebih fokus pada pemilihan strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang mutakhir. Tidak tersedianya model atau contoh penggunaan teacher talk yang tepat membuat guru tidak menjadikan teacher talk penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan penggunaan teacher talk dalam sebuah kelas bahasa Inggris yang berhasil yang diampu oleh seorang guru yang professional. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif yang memungkinkan penelitia untuk meneliti secara lebih dekat tentang penggunaan teacher talk dalam proses pembelajaran. Observasi dilakukan selama delapan kali pertemuan, untuk melihat secara langsung penggunaan teacher talk dalam proses pembelajaran. Wawancara dilakukan dengan guru untuk mendapatkan data yang lebih mendalam tentang penggunaan teacher talk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, slower rate of speech, exaggerated pronunciation, danself-repeatmerupakan jenis teacher talk yang paling sering digunakan oleh guru, Guru menyesuaikan penggunaan teacher talk berdasarkan berbagai macam faktor, diantaranya yaitu perbedaan kemampuan siswa dalam berbahasa inggris dan perbedaan kepribadian siswa untuk menghindari kesalah-pahaman terhadap siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dan acuan dalam penggunaan teacher talk dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58848

Actions (login required)

View Item View Item