Developing reading materials for physical education students of STKIP PGRI Jombang / Dina Ayu Puspita Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing reading materials for physical education students of STKIP PGRI Jombang / Dina Ayu Puspita Wardani

Wardani, Dina Ayu Puspita (2017) Developing reading materials for physical education students of STKIP PGRI Jombang / Dina Ayu Puspita Wardani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspita W Dina Ayu. 2016.Developing Reading Materials for Physical Education Students od STKIP PGRI Jombang. Thesis Graduate Program in Language Teaching State University of Malang. Advisor (I) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A (II) Dr. Sunaryo HS. S.H. M.Hum. Kata Kunci Penelitian dan Pengembangan materi reading Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Penelitian ini bertujuan untuk mengambangan materi reading untuk mahasiswa jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan STKIP PGRI Jombang. Berdasarkan observasi yang dilakukan sebelumnya diketahui bahawa mahasiswa Penjaskes belum mempunyai materi reading dalam bentk buku teks untuk belajar bahasa Inggris. Mereka juga diberikan materi sama seperti yang diajarkan kepada mahasiswa jurusan lain selain bahasa jurusan bahasa inggris (ESP). Selain itu mahasiswa Penjaskes mendapatkan nilai terendah dalam mata kuliah bahasa inggris diantara mahasiswa jurusan lainnya (Matematika Ekonomi Bahasa Indonesia dan Kewarganegaraan). Oleh karena itu pengembangan materi dibutuhkan sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari modelBorg and Gall (1983) yang disederhakan menjadi empat bagian yaitu need analysis (research and collecting information) developing material (planning and developing the product) validation (expert validation try-out) revision (final product). Proses need analysis yang dilukakan dengan wawancara dengan dosen pengampu dan kuisioner kepada mahasiswa. Hasil dari proses need analysis akan dijadikan salah satu acuan dalam pengmbangan materi diantarannya topik materi disesuaikan dengan jurusan mahasiswa materi dilengkapi dengan daftar istilah yang memudahkan mahasiswa memahami isi teks latihan-latihan dapat meningkat perbendaharaan kata mahasiswa materi bisa menngkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu materi yang dikembang juga berdasarkan silabus agar sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Materi juga disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. Penyesuaikan materi tingkat kempuan mahasiswa dilakukan dengan menyesuaikan silabus dengan Common European Framework of Reference for Language (CEFR). Setelah pengembangan materi berikutnya adalah validasi yang bertujuan untuk mendapatkan produk yang sesuai. Validasi dilakukan dengan tiga tahapan. Pertama validasi oleh reading expert.hasil validasi dari reading expert menunjukkan bahwa masih banyak kesalahan dalam dalam grammar dan ejaan. Setelah produk direvisi selanjutnya divalidasi oleh praktisi (dosen bahasa Inggris yang mengajar di jurusan Penjaskes). Hasil validasi menunjukkan bahwa tidak perlu lagi adanya revisi. Kemudian tahap selanjutnya adalah tryout yang menunjukkan bahwa tampilan dan isi dari produk cukup jelas dan sesuai untuk digunakan oleh mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58847

Actions (login required)

View Item View Item