Communication strategies employed by ELT students across genders at Universitas Negeri Malang / Yusparizal - Repositori Universitas Negeri Malang

Communication strategies employed by ELT students across genders at Universitas Negeri Malang / Yusparizal

Yusparizal (2017) Communication strategies employed by ELT students across genders at Universitas Negeri Malang / Yusparizal. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yusparizal. 2016. Strategi Komunikasi Yang Digunakan Oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Laki-laki dan Perempuan di Universitas Negeri Malang. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Dr. Enny Irawati M.Pd. (2) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris laki-laki dan perempuan di Universitas Negeri Malang dan persepsi mereka terhadap penggunaan strategi komunikasi tersebut dalam komunikasi lisan. Perbedaan antara laki-laki dan perempuan menjadi pembahasan dalam penelitian ini sebagai sebuah usaha untuk mengembangkan pengetahuan tentang penggunaan strategi komunikasi dan bagaimana penemuan penelitian ini nantinya mampu membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini berjumlah 24 mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang yang terdiri dari 12 mahasiswi dan 12 mahasiswa. Data utama dari penelitian ini adalahu ucapan para mahasiswi dan mahasiswa yang didapatkan dengan cara mengadakan diskusi kelompok di dalam kelas dengan memberikan berbagai topik kepada mereka. Ada duabelas strategi komunikasi yang diamati dalam penelitian ini. Strategi komunikasi tersebut diusulkan oleh Dornyei (1995). Strategi komunikasi tersebut adalah (1) message abandonment (2) topic avoidance (3) circumlocution (4) approximation (5) use of all-purpose words (6) word coinage (7) use of non-linguistic signal (8) literal translation (9) foreignizing (10) code switching (11) appeal for help dan (12) time gaining strategy. Dari penelitian ini ditemukan bahwa baik mahasiswi maupun mahasiswa sama-sama hanya menggunakan 10 dari 12 strategi komunikasi yang diajukan oleh Dornyei (1995). Para mahasiswi menggunakan approximation 37 kali (35.2%) time gaining 26 kali (24.8%) message abandonment 9 kali (8.6%) use of all-purpose words 8 kali (7.6%) literal translation 7 kali (6.7%) circumlocution 4 kali (3.8%) use of non-linguistic signal 4 kali (3.8%) code switching 4 kali (3.8%) topic avoidance 3 kali (2.9%) dan appeal for help 3 kali (2.9%). Di sisi lain para mahasiswa menggunakan approximation 47 kali (32.4%) time gaining 44 kali (30.3%) use of all-purpose words 19 kali (13.1%) code switching 10 kali (6.9%) message abandonment 9 kali (6.2%) appeal for help 5 kali (3.4%) topic avoidance 4 kali (2.8%) literal translation 3 kali (2.1%) circumlocution 2 kali (1.4%) dan use of non-linguistic signal 2 kali (1.4%). Para mahasiswi dan mahasiswa sama-sama setuju bahwa strategi komunikasi sangat bermanfaat dalam membantu mereka untuk mengatasi kesulitan saat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris membantu untuk berunding dengan lawan bicara untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dan untuk menyelesaikan masalah guna mencapai tujuan dalam berkomunikasi. Untuk para peneliti yang ingin melaksanakan penelitian di bidang yang sama sangat dianjurkan untuk meneliti strategi komunikasi yang digunakan oleh penutur asli Bahasa Indonesia terhadap penutur asli Bahasa Inggris atau melakukan penelitian eksperimen untuk melihat dampak pelatihan strategi komunikasi terhadap peningkatan kemampuan berbicara mahasiswa. Kata kunci strategi komunikasi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris laki-laki dan perempuan Universitas Negeri Malang

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58845

Actions (login required)

View Item View Item