Developing a model of an online reading summative test for college students of reading comprehension / Sofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing a model of an online reading summative test for college students of reading comprehension / Sofa

Sofa (2016) Developing a model of an online reading summative test for college students of reading comprehension / Sofa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sofa. 2016. Mengembangkan sebuah Model Tes Membaca Sumatif Online untuk Mahasiswa Reading Comprehension. Tesis Program Studi Pengajaran Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. (II) Fachrurrazy M.A. Ph.D. Kata kunci tes sumatif online reading comprehension Berdasarakan penilaian kebutuhan yang dilakukan di STKIP PGRI Jombang muncul kebutuhan penting sebuah tes yang bisa menggantikan tes sebelumnya yang konvensional tidak praktis dan memakan banyak waktu. Di era teknologi seperti sekarang tes dilakukan secara lisan manual tidak meliputi seluruh indikator dalam silabus dan hanya mencakup satu jenis teks. Untuk memenuhi kebutuhan tes yang bisa mengatasi masalah tersebut dikembangkanlah sebuah model tes membaca sumatif online. Online tes ini bisa menjadi contoh tes yang reliabel valid praktis ekonomis dan inovatif khususnya untuk mata kuliah Reading Comprehension 2 dan mata kuliah lain. Desain penelitian ini adalah penelitian pengembangan karena penelitian ini mengembangkan dan memvalidasikan model alat penilaian. Langkah-langkah model pegembangan tes dalam penelitian ini adalah melakukan penilaian kebutuhan membuat kisi-kisi review kisi-kisi oleh ahli menulis prototype review prototype menginstal tes review tes dan ICT oleh ahli try-out analisis butir soal dan mempublish produk akhir. Sebanyak 100 subjek dilibatkan dalam tahap try-out. Untuk memperoleh data pada tahap penilaian kebutuhan wawancara dengan dosen Reading Comprehension dilakukan proses validasi diajukan kepada 6 ahli (ahli tes dan ahli ICT) analisis butir soal dijalankan dengan program ITEMAN versi 3.00 kuesioner juga disebarkan kepada subjek untuk mengetahui respon mereka terhadap produk penelitian ini. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian kebutuhan model tes ini sangat dibutuhkan untuk menggantikan tes sebelumnya. Berdasarkan analisa butir soal dari 100 butir soal di tahap try-out nilai alpha atau reliabilititas adalah 0.779 merupakan kategori baik. 31 butir soal dikategorikan sebagai butir soal yang valid. Untuk kemudahan penilaian dan pemerataan indikator hanya 25 butir soal yang digunakan. Berdasarkan kuesioner mahasiswa lebih dari 80% subjek merespon positif mereka berkata tesnya baik menarik efektif praktis dan mengikuti jaman. Produk akhir dari penelitian ini adalah satu set produk berisi kisi-kisi tes (dalam bentuk print dan screenshot versi online) kunci jawaban dan instruksi untuk mengakses tes online. Berdasarkan hasil penelitian kesimpulannya adalah bahwa produk ini dapat menjadi model tes membaca sumatif online di STKIP PGRI Jombang karena tes ini praktis time and cost effective valid dan mengikuti era teknologi. Namun setelah analisa butir soal hanya 25 butir soal yang tersisa persentase level membaca tidak sesuai dari persentase awal dan penelitian ini juga tidak melibatkan proses validitas konstruk. Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat menjadi wawasan bagi peneliti lainnya dalam mengembangkan atau mengetahui keefektifan produk ini dalam meningkatkan motivasi membaca mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58844

Actions (login required)

View Item View Item