Using numbered head together strategy to improve the speaking skill of the fourth semester of social studies students in UIN Malang / Farid Munfaati - Repositori Universitas Negeri Malang

Using numbered head together strategy to improve the speaking skill of the fourth semester of social studies students in UIN Malang / Farid Munfaati

Munfaati, Farid (2016) Using numbered head together strategy to improve the speaking skill of the fourth semester of social studies students in UIN Malang / Farid Munfaati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Munfaati Farid. 2016.Using Numbered Head Together Strategy to Improve the Speaking Skill of the Fourth Semester of Social Studies Students in UIN Malang.Tesis JurusanPendidikanBahasaInggris Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Mohammad Adnan Latief (2) Dr. Suharmanto M. Pd Kata kunci kemampuanberbicara teksdeskriptif strateginomorberkepalabersama. Berdasarkanstudipendahuluanataspermasalahan yang dihadapimahasiswa semester empatjurusanIlmuPengetahuanSosialtahunajaran 2015/2016 penelitianinibertujuanuntukmenjabarkanbagaimanaStrategiNomorKepalaBersamadapatmeningkatkankemampuanberbicaradanketerlibatanmerekadalam proses belajarmengajar. Untukiturumusanmasalahdalampenelitianiniadalah BagaimanaKemampuanBerbicaraMahasiswa Semester EmpatJurusanIlmuPengetahuanSosial di UIN Malang DapatDitingkatkanMelaluiStrategiNomorBerkepalaBersama Desainpenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas (PTK) kolaboratif.Penelitianiniterdiridarisatusiklus yang terbagidalam 4 tahapyakniperencanaan penerapan observasi danrefleksi.Siklusdalampenelitianiniterdiridarilimapertemuandansatupertemuanuntukteskemampuanberbicara. Subyeknyaadalah 25 mahasiswa semester empatjurusanIlmuPengetahuanSosial.Data penelitiandiperolehmelaluiteskemampuanberbicara lembarceklistobservasi catatanlapangan dankuesioner. HasiltemuanpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanprosedurStrategiNomorBerkepalaBersama yang tepatdalampengajarankemampuanberbicaradapatmeningkatkanprestasimahasiswadalamkemampuanberbicaradanketerlibatanya. Peningkatantersebutdapatdilihatdaritercapainyakriteriakberhasilan yang ditunjukkanolehhasilteskemampuanberbicara lembarceklist dankuesioner.Prosentasenilaiindividumahasiswaadalah 84% dari 25 mahasiswamelampauinilaikelulusanatau KKM yaknilebihbesaratausamadendan 60. Nilai rata-rata mahasiswameningkatluarbiasamenjadi 69.9.Terlebih keterlibatanmerekamencapai 93.7% yang dikategorikankedalamketerlibatan yang sangatbagus.Nilai-nilaitersebutdiperoleholehmahasiswahanyadalamsatusiklussaja. Peningkatanprestasikemampuanberbicaramahasiswadicapaimelaluipenerapanlangkah-langkahstrateginomorberkepalabersamaberikutini (1)menelaahtujuanteks strukturumum danciri-ciribahasadengansingkat. (2) menyebutkanbagian-bagianfisik yang akandideskripsikan. (3) membagimahasiswadalambeberapakelompok. (4) diskusikelompok. (5) memanggilnomor. (6) mahasiswa yang mendapatkannomortersebutberdiridanmenyampaikanhasildiskusi. (7) memberikankoreksitatabahasa kosakata danpengucapan. (8) refleksi. Universitasdiharapkanuntukmembuatkebijakanterkaitdengan NHT agar menjadisalahsatustrategi yang harusditerapkan di kelas-kelasmereka.Jugabagiparapenelitiselanjutnyabisamengadakanpenelitiandalampengajarankemampuanberbicaramahasiswapada semester atautingkatkemampuanberbicara yang berbedasupayamenemukanlebihbanyakkeuntungandankeefektifan NHT.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58842

Actions (login required)

View Item View Item