The relational patterns of selected factors influencing the EFL College learners' reading comprehension / Nuriyatul Hamidah - Repositori Universitas Negeri Malang

The relational patterns of selected factors influencing the EFL College learners' reading comprehension / Nuriyatul Hamidah

Hamidah, Nuriyatul (2016) The relational patterns of selected factors influencing the EFL College learners' reading comprehension / Nuriyatul Hamidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hamidah Nuriyatul. 2016. The Relational Patterns of Selected Factors Influencing the EFL College Learners Reading Comprehension. Thesis. English Language Teaching Graduate Program of State University of Malang. Advisors (I) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL M.Pd. (II) Dr. Ekaning Dewanti Laksmi M.Pd. M.A. Kata Kunci Path analysis Metacognitive awareness Self-efficacy Motivation EFL reading comprehension. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pola hubungan antara faktor-faktor terpilih yang mempengaruhi EFL reading comprehension seperti metacognitive awareness self-efficacy dan motivasi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mencari kontribusi dari masing-masing variabel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 90 mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini antara lain sebuah tes dan beberapa kuesioner. Tes digunakan untuk mengambil data dari EFL reading comprehension sedangkan kuesioner digunakan untuk mengambil data dari metacognitive awareness self-efficacy dan motivasi. Data dari penelitian ini dianalisis menggunakan teknik regresi berganda dengan menggunakan desain korelasi atau Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pola hubungan pada jalur pertama antara metacognitive awareness self-efficacy dan motivasi terhadap EFL reading comprehension mengindikasikan bahwa tidak ada variabel yang terbukti significant terhadap EFL reading comprehension (2) kontribusi total dari semua variabel pada diagram jalur pertama di dalam penelitian ini adalah 2.5% sedangkan residu dari diagram jalur pertama adalah 97.5% (3) dalam pola hubungan jalur metacognitive awareness berkontribusi 9 % self-efficacy 7% dan motivasi 9% (4) kontribusi terbesar dari jalur diagram berasal dari self efficacy dimediasi oleh motivasi berkontribusi13.9% dari total nilai keseluruhan dan diikuti oleh jalur dari kontribusi langsung dari motivasi terhadap EFL reading comprehension berkontribusi 9.2% dari total nilai keseluruhan di dalam diagram jalur. (5) pola hubungan pada jalur kedua antara metacognitive awareness dan self-efficacy terhadap motivasi menunjukkan bahwa self efficacy merupakan satu-satunya variabel yang terbukti signifikan terhadap motivasi (6) kontribusi total dari keseluruhan variabel pada diagram jalur kedua di dalam penelitian ini adalah 44.86% sedangkan residu dari diagram jalur pertama adalah 55.2% (7) dalam pola hubungan jalur metacognitive awareness berkontribusi 2.16% dan self-efficacy berkontribusi 42.7%. Berdasarkan hasil yang diperoleh model regresi dari jalur pertama terbukti tidak signifikan sedangkan model regresi dari jalur kedua terbukti signifikan terhadap variabel independen. Kontribusi terbesar dari diagram jalur pertama terhadap EFL reading comprehension berasal dari self efficacy dimediasi oleh variabel motivasi. Karena residual yang ditemukan masih tinggi penelitian yang akan datang disarankan untuk mengadakan penelitian terhadap beberapa faktor lain dengan menggabungkan antara faktor afektif dan kognitif dengan mempertimbangkan proficiency siswa atau kecakapan kepribadian dan gender.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58841

Actions (login required)

View Item View Item