Melinda, Eviq Reni (2015) Peningkatan prestasi belajar matematika pada materi pecahan melalui model team assisted individualization di kelas VC SDN Sentul 2 Kota Blitar / Eviq Reni Melinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Melinda Eviq Reni. 2015. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Pecahan melalui Model Team Assisted Individualization di Kelas VC SDN Sentul 2 Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Widayati M.H (2) Dra. Tri Murti S.Pd M.Pd. Kata kunci peningkatan prestasi belajar pecahan model team assisted individualization Berdasarkan observasi pada pembelajaran pecahan kelas VC SDN Sentul 2 Kota Blitar diketahui bahwa (1) guru tidak membuat RPP dan LKS (2) guru tidak menerapkan model pembelajaran (3) kegiatan pembelajaran didominasi guru (4) siswa kurang aktif dalam kegiatan diskusi (5) siswa belajar hanya dari penjelasan guru (6) siswa ramai saat guru menjelaskan materi dan (7) kelompok yang sudah selesai mengerjakan LKS membuat gaduh. Tujuan penelitian ini yaitu (1) memaparkan penerapan model Team Assisted Individualization pada pembe-lajaran Matematika dengan materi pecahan dan (2) memaparkan peningkatan hasil belajar Matematika dengan materi pecahan melalui model Team Assisted Individualization. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus dan tiap siklus dilaksana-kan melalui tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Instru-men penilaian yang digunakan berupa pedoman observasi dan soal tes formatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Team Assisted Individualization membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan aktivitas belajar siswa tersebut berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa. Dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar pratindakan 62 32 siklus I adalah 71 43 dan siklus II adalah 85 98. Ketuntasan belajar klasikal pada pratindakan sebesar 39 29% siklus I sebesar 57 15% dan siklus II mencapai 96 43% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model Team Assisted Individualization dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Disarankan guru menerapkan model Team Assisted Individualization pada pembelajaran Matematika dengan materi pecahan agar siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal dan tujuan pembelajaran tercapai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5884 |
Actions (login required)
View Item |