The use of game and questioning technique to improve the reading comprehension ability and vocabulary mastery of the eleventh graders of SMA Surya Buana Malang / Annisa Humaira Norman - Repositori Universitas Negeri Malang

The use of game and questioning technique to improve the reading comprehension ability and vocabulary mastery of the eleventh graders of SMA Surya Buana Malang / Annisa Humaira Norman

Norman, Annisa Humaira (2016) The use of game and questioning technique to improve the reading comprehension ability and vocabulary mastery of the eleventh graders of SMA Surya Buana Malang / Annisa Humaira Norman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Norman Annisa Humaira. 2016. The Use of Game and Questioning Technique to Improve the Reading Comprehension Ability and Vocabulary Mastery of the Eleventh Graders of SMA Surya Buana Malang. Thesis Program Studi pendidikan bahasa Inggris Pasca Sarjana Universitas negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Suharmanto M.Pd. (2) Dr. Johannes Ananto Prayogo M. Pd. M.Ed. Kata Kunci Permainan pemahaman membaca teknik menanya kosakata penguasaan kosakata Mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing selalu menjadi tantangan tersendiri bagi pelajar Indonesia. Termasuk dalam memahami bacaan permasalahan dalam membaca muncul di tingkat lexical frase klausa dan discourse. Berdasarkan penelitian awal yang diadakan pada siswa kelas X yang segera naik kelas XI di SMA Surya Buana peneliti menemukan bahwa siswa memiliki masalah dalam mengidentifikasi topic ide utama merujuk kosakata dan adanya sikap negative terhadap membaca. Masalah ini membuat peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan kosakata dalam membaca menggunakan permainan dan teknik menanya di SMA Surya Buana malang.Menanya dapat membantu siswa menyelesaikan permasalahannya dengan cara menuntun mereka dalam memahami bacaan. Permainan juga dapat menarik dan menciptakan suasana baru di kelas. Dengan menggunakan teknik menanya dan permainan peneliti bertujuan menyelesaikan masalah dalam pemahaman membaca siswa kelas sebelas tersebut. Dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas peneliti berkolaborasi dengan guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas sebelas SMA Surya Buana Malang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan mengadaptasi langkah yang dikembangkan oleh Kemmis dan mcTaggart (1988) yang terdiri atas empat langkah Pada tahap perencanaan persiapan yang dilakukan berkaitan dengan bagaimana proses belajar mengajar akan dilaksanakan dilakukan bersama oleh peneliti dan guru seperti memilih materi dan media membuat penilaian menentukan kriteria keberhasilan hasil yang diharapkan dan mendesain rencana pembelajaran. Dalam pelaksanaan rencana yang telah disiapkan diterapkan di kelas. Tahap observasi juga dilaksanakan pada tahap pelaksanaan penerapan teknik menanya dan permainan. Pada tahap terakhir peneliti merefleksi dengan berkaca pada apa yang telah terjadi dikelas dan memutuskan apakah kriteria keberhasilan telah tercapai. Penemuan memperlihatkan bahwa teknik menanya yang dilaksanakan dalam tiga fase membaca berhasil dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas 11 dan penerapan permainan saat mengajar membuat siswa lebih tertarik. Mempertimbangkan kegunaan teknik menanya dan penerapan permainan dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sebelas peneliti merekomendasikan para guru bahasa Inggris yang memiliki permasalahan yang sama untuk menerapkan teknik ini. Guru dan peneliti yang berencana untuk melaksanakan penelitian serupa harus mempersiapkan dan merencanakan pertanyaan dengan seksama agar berhasil dalam memandu dan mendorong siswa dalam belajar. Guru harus mempertimbangkan ketidakmampuan siswa dalam memahami pertanyaan dan merencanakan pertanyaan sesuai dengan level kesulitan yang dapat siswa hadapi sehingga siswa dapat memahami dan meningkatkan jumlah siswa yang berpartisipasi dalam menjawab pertanyaan serta menghindarkan siswa yang diam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58838

Actions (login required)

View Item View Item