Teachers' attitudes toward the use of Content and Language Integrated Learning (CLIL) in esp classes / Noverita Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Teachers' attitudes toward the use of Content and Language Integrated Learning (CLIL) in esp classes / Noverita Wahyuningsih

Wahyuningsih, Noverita (2016) Teachers' attitudes toward the use of Content and Language Integrated Learning (CLIL) in esp classes / Noverita Wahyuningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuningsih Noverita. 2016. Sikap Dosen terhadap Penggunaan Pembelajaran Terintegrasi Konten dan Bahasa (CLIL) di Kelas ESP. Tesis Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Utami Widiati M A. Ph.D. (II) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Kata kunci sikap dosen CLIL kelas ESP CLIL (Content and Language Integrated Learning) kini telah menjadi pendekatan alternatif yang bisa digunakan oleh dosen ESP dalam kelas mereka untuk dapat mengikuti pendekatan terkini dalam pembelajaran bahasa Inggris. Selain itu ternyata masih ada pertanyaan tentang bagaimana sikap dosen terhadap penggunaan CLIL untuk mengajar ESP. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti sikap dosen terhadap penggunaan CLIL dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (ESP). Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Subyek penelitian ditentukan peneliti dengan melibatkan dosen ESP di Politeknik Negeri Malang yang bersedia berpartisipasi dalam penelitian ini. Kuesioner digunakan sebagai instrument utama pengambilan data penelitian. Kuesioner ini terdiri dari tiga bagian yaitu latar belakang responden sikap terhadap CLIL dan pertanyaan terbuka. Instrumen lainnya adalah wawancara untuk menggali informasi mendalam tentang sikap dosen terhadap penggunaan CLIL di kelas ESP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika ditanya tentang keakraban (familiarity)dengan istilah CLIL mayoritas (42 86%) dari responden mengakui bahwa mereka tidak yakin bahwa mereka terbiasa dengan hal itu. Para responden juga ditanya apakah mereka menerapkan pendekatan CLIL di kelas ESP mereka dan beberapa (42 86%) menanggapi positif yang menurut mereka telah menerapkan pendekatan CLIL di kelas ESP mereka. Mengenai materi pembelajaran sikap dosen terhadap penggunaan CLIL di kelas ESP menunjukkan bahwa sebagian besar (mulai dari 50% sampai 71%) dari peserta setuju dengan pernyataan (dan dengan demikian menunjukkan sikap positif) tentang penggunaan CLIL di kelas ESP terkait dengan hal bahan ajar. Dalam hal metode pembelajaran sebagian besar (64%) dari responden sangat setuju bahwa jika mereka menerapkan CLIL mereka akan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan memperkaya (enriching) dalam kelas ESP mereka. Enampuluh empat persen 64% dari responden juga berpendapat bahwa mungkin mudah untuk berkolaborasi dengan dosen mata kuliah konten untuk melaksanakan CLIL di kelas ESP. Selain itu lebih dari setengah (59 8%) responden dosen menunjukkan sikap setuju tentang pernyataan yang berkaitan dengan media pembelajaran jika menggunakan CLIL di kelas ESP. Selain itu sebagian besar (mulai dari 71% sampai 100%) dari responden menanggapi dengan sikap positif terhadap penggunaan penilaian berbasis CLIL dalam mengajar kelas ESP.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58834

Actions (login required)

View Item View Item