Written corrective feedback practice and cognition of an exemplary EFL writing lecturer in State University of Malang / Nodistya Septian Indrastana - Repositori Universitas Negeri Malang

Written corrective feedback practice and cognition of an exemplary EFL writing lecturer in State University of Malang / Nodistya Septian Indrastana

Indrastana, Nodistya Septian (2016) Written corrective feedback practice and cognition of an exemplary EFL writing lecturer in State University of Malang / Nodistya Septian Indrastana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indrastana NodistyaSeptian. 2016. KognisidanPraktikFeedbackKorektifTertulisolehSeorangDosenContoh di UniversitasNegeri Malang. Tesis Program PascasarjanaPendidikanBahasaInggris UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Adnan Latief M.A Ph.D(II) Prof. NurMukminatien M.Pd Kata kunci feedbackkorektiftertulis kognisidanpraktik Ada beberapakontroversitentangefektivitasfeedbackkorektiftertulisdalampembelajaranmenulisBahasaInggris.Terlepasdarikontroversitersebut adakebutuhuanakangambaranataucontohbagaimanamenerapkanfeedbackkognitiftertulisdalampembelajaranmenulis. Olehkarenaitu penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbagaimanaseorang guru contohmenerapkanfeedbackkognitifdalampembelajaranmenulis berdasarkankognisi guru contohtersebut. Seorang guru contoh yang mengajar di UniversitasNegeri Malang dipilihsebagaisubjekpenelitianini berdasarkanbeberapakriteriatersebut di bawahini kualifikasipendidikan lama mengajar pengakuansebagaiakademisi yang kompeten pengalamanpelatihan pengakuankemampuanmengajarolehmahasiswadanrekansejawat danpublikasiakademik. Ada tigajenisteknikpengumpulan data dalampenelitianini yaitu wawancarasetengahterstruktur analisisdokumen danwawancaralanjutan. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaseorang guru contoh di UniversitasNegeri Malang yang menjadisubjekpenelitianinimenerapkanfeedbackkorektiftertulispadatahapakhir prosespenulisandraf denganfokuspadaakurasibahasadalamtulisanmahasiswa. Ada empattipefeedbackkorektiftertulis yang diimplementasikan yaitu feedbacklangsung feedbacktaklangsung feedbackmetakognitif danreformulasi. Penerapanmasing-masingtipeberdasarkanjeniskesalahandalamtulisanmahasiswa. Kognisi guru contohtersebutterdiridarikeyakinanterhadappentingnyafeedbackkorektiftertulis keyakinanterhadapefektivitasfeedbackkorektiftertulis dankeyakinanterhadapkemampuanmahasiswa.Sisteminilah yang mempengaruhiimplementasifeedbackkorektiftertulisdalampembelajaranmenulisBahasaInggris. Berdasarkanhasilpenelitianini disarankan guru-guru menulisBahasaInggrismenerapkanfeedbackkorektiftertulisdalampraktikmengajar khususnyaketikamengoreksihasiltulisanmahasiswa.Akan tetapi penerapantersebutsebaiknyadisesuaikandengankondisimahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58832

Actions (login required)

View Item View Item