Trialfiyani, Sri Wahyu (2016) Implementing story map strategy to improve reading comprehension of narrative text for eighth grade students of SMPN 1 Tikung / Sri Wahyu Trialfiyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Trialfiyani Sri Wahyu. 2016. Penerapan Strategi Story Map Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Pada Teks Naratif Siswa Kelas VIII SMPN 1 Tikung. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Utami Widiati M.A. Ph. D. (2) Dr. Arwijati Wahjudi Murdibjono M.Pd. Dip. TESL. Kata Kunci Pemahaman Membaca Strategi Story Map Teks Naratif Dongeng Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat bagaimana strategy story map dapat diimplementasikan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas delapan SMPN 1 Tikung tahun pelajaran 2015/2016. Subyek penelitian sebanyak 22 siswa kelas 8F. Berdasarkan hasil studi awal hanya ada 2 siswa (9.09%) yang dapat mencapai nilai minimal kelulusan. Hal ini disebabkan oleh ketidaksesuaian strategi yang diterapkan guru di kelas dan permasalahan siswa dalam membaca. Penelitian ini dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas dalam 2 siklus yang terdiri dari 3 pertemuan untuk penerapan strategi dan satu pertemuan untuk pelaksanaan tes. Data penelitian dikumpulkan melalui tes membaca pemahaman lembar observasi kuesioner dan lembar catatan. Prosedur pengajaran terdiri dari 3 tahapan pre-reading whilst-reading dan post-reading. Tahap whilst-reading dibagi lagi menjadi 3 modelling leading dan test. Dalam tahap pre-reading mengaktifkan pengetahuan siswa dengan menunjukkan beberapa gambar terkait teks dan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan gambar. Di tahap whilst-reading dimulai dengan memberikan teks cerita yang akan dibaca dan lembar story map kosong pada setiap siswa serta meminta mereka untuk membentuk kelompok yang terdiri dari 4 sampai 5 siswa. Di tahap modelling guru memberikan model/ contoh cara membaca teks yang benar dan cara mengisi lembar Story Map. Selanjutnya di tahap leading siswa akan lebih banyak kesempatan untuk membaca teks. Tahap ini dimulai dengan meminta siswa untuk membaca teks dan mengerjakan soal kosakata mendiskusikan teks menulis judul cerita pada lembar Story Map menganalisa elemen cerita (tokoh latar alur masalah solusi dan amanat) mengisi Story Map dengan informasi yang sudah didapat dan mempresentasikan di depan kelas. Tahap berikutnya adalah test siswa akan mengerjakan quiz secara individu. Berikutnya tahap post-reading siswa kembali dalam kelompok untuk membuat kreasi Story Map di kertas manila dan selanjutnya mendengarkan masukan dari guru. Hasil penemuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pada pemahaman membaca siswa dari 8 (36.36%) siswa yang dapat mencapai nilai minimal kelulusan pada siklus 1 menjadi 18 (81.8%) siswa pada siklus 2. Dalam hal partisipasi siswa menunjukkan peningkatan dari 65.3% di siklus 1 menjadi 83.9% di siklus 2. Selain itu siswa juga memberikan respon yang baik terhadap penerapan strategi Story Map. Dengan hasil penelitian ini disarankan bahwa strategi Story Map dapat dijadikan sebagai strategi alternatif bagi guru Bahasa Inggris dalam pengajaran pemahaman bacaan khususnya teks naratif. Selanjutnya bagi Kepala Sekolah dapat mendorong para guru untuk menggunakan strategi Story Map di kelas membaca atau di kelas yang lain. Bagi para peneliti disarankan untuk menggunakan hasil penelitian ini sebagai sebuah acuan dalam melaksanakan penelitian yang sama terkait dengan penggunaan story map pada berbagai jenis teks dan level siswa yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58830 |
Actions (login required)
View Item |