The reading attitudes and practices of the tenth grade students at SMAN 1 Puri Mojokerto / Dani Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

The reading attitudes and practices of the tenth grade students at SMAN 1 Puri Mojokerto / Dani Safitri

Safitri, Dani (2016) The reading attitudes and practices of the tenth grade students at SMAN 1 Puri Mojokerto / Dani Safitri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Safitri Dani. 2016. Sikap dan Praktik Membaca Pada Siswa Kelas Sepuluh SMAN 1 Puri Mojokerto. Program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Enny Irawati M.Pd. (2) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL M.Pd Kata Kunci Sikap membaca praktik Belajar membaca adalah proses seumur hidup. Hal ini dimulai saat interaksi awal dengan keluarga dan masyarakat. Melalui tindakan yang dicontohkan oleh orang lain kita belajar kesenangan dan tujuan dari karya tulis. Proses ini terlibat dalam membentuk satu keyakinan dan perasaan terhadap bacaan yang dikenal sebagai sikap membaca. Siswa EFL di Indonesia masih mengalami kesulitan dalam membaca diyakini hal pertama yang harus mereka bangun adalah sikap positif terhadap membaca .Namun tidak banyak yang diketahui tentang sikap mereka dalam membaca dan praktik yang dilakukan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sikap membaca dan apa praktik yang dilakukan oleh mahasiswa dengan sikap positif membaca Penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang memberi perhatian pada sikap dan praktik siswa dalam membaca. Seorang guru dua puluh sembilan siswa dari SMAN 1 Puri Mojokerto dan tiga orang tua dari siswa dengan sikap membaca positif berpartisipasi dalam penelitian ini. Kuesioner di distribusikan dan wawancara dan observasi dilakukan. Dua puluh sembilan siswa dari kelas X di kelas bahasa diberi kuesioner sikap membaca dan tiga siswa yang dipilih diwawancarai dan diamati. Seorang guru dan orang tua siswa juga diwawancarai dan diamati. Tiga siswa ini dipilih berdasarkan skor hasil kuesioner sikap membaca yaitu siswa yang memiliki skor tinggi dalam kuesioner dan juga didasarkan pada rekomendasi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dipandang memiliki sikap moderat terhadap membaca yaitu 59%. Terdapat siswa yang memiliki sikap positif membaca tapi relatif kecil yaitu 17%. Berdasarkan wawancara dari tiga siswa yang dipilih terungkap bahwa pengalaman literasi di rumah dan sekolah memiliki peran dalam pembentukan sikap membaca. literasi awal di lingkungan rumah tampaknya membekas pada sikap mereka terhadap membaca dan praktik ketika mereka dewasa. Pengalaman literasi siswa di sekolah seperti praktik dan ketersediaan bahan bacaan juga memberikan efek pada perkembangan sikap siswa. Dari pengamatan instruksi yang di berikan di kelas X tampak menggunakan kerja kelompok di sebagian besar kegiatan dalam rangka mengembangkan membaca mandiri siswa. Oleh karena itu berdasarkan fakta ini orang tua dan guru dianjurkan untuk menjadi model eksplisit membaca untuk siswa. Guru sebagai salah satu pemegang peranan penting dalam penggembangam sikap siswa terhadap membaca terutama bahasa Inggris harus mempertimbangkan praktik terbaik untuk siswa. Kepala sekolah dan pustakawan harus mendukung minat baca siswa dengan menyediakan berbagai macam buku dan kegiatan membaca.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58828

Actions (login required)

View Item View Item