Emloyed words by senior high school students in writing expository essay through corpus software / Dodi Erwin Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Emloyed words by senior high school students in writing expository essay through corpus software / Dodi Erwin Prasetyo

Prasetyo, Dodi Erwin (2016) Emloyed words by senior high school students in writing expository essay through corpus software / Dodi Erwin Prasetyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyo Dodi Erwin. 2016. Penggunaan Kata Kata oleh Siswa SMAN Kutorejo di dalam Penulisan Esai Ekspositori Program Sarjana Pandidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. (2) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd M.Ed Kata Kunci Menulis esai ekspositori korpus antcont frekuensi kata Menulis merupakan keahlian yang sangat penting di dalam bahasa Inggris. Jadi siswa harus belajar menulis untuk meningkatkan kemampuan mereka di dalam belajar bahasa Inggris. Di dalam menulis siswa akan diajarkan berbagai macam jenis teks. Salah satunya adalah ekspositori teks. Teks ini bertujuan untuk menyediakan dan mengekspos informasi kepada pembaca. Kata kata yang digunakan dalam menulis mengambil peranan yang sangat penting. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meneiliti kata kata yang muncul dalam penulisan ekspositori siswa frekuensi kata kata yang digunakan siswa di dalam penulisan ekspositori mereka dan jenis jenis kata yang muncul dalam penulisan ekspositori siswa. Penelitian ini mengambil sampel di SMAN 1 Kutorejo. Subjek penelitian adalah siswa kelas 12 sebanyak 60 siswa. Ada beberapa langkah dalam pengumpulan data. Pertama siswa diberikan tes menulis ekspositori esai. Kedua 20 esai dipilih dengan skor tertinggi sebagai sampel. Ketiga peneliti mengubah data dari esai tulisan tangan menjadi txt file. Langkah terakhir adalah menganalisis data di dalam programantcont. Hasil akhir tersebut terkumpul 1314 kata dari 20 esai. Hasil penelitian ini terbagi menjadi 3 kategori. (a) berdasarkan hasil penelitian tentang penggunaan kata hasilnya menunjukkan tidak ada kata yang berawalan dengan huruf X dan Z. Untuk huruf lain penggunaan katanya bervariasi. Sebagai contoh huruf A penggunaan katanya seperti abandon aberration untuk huruf B penggunaaan katanya sepertiback background untuk huruf C penggunaan katanya seperticacao calendar dst. (b) berdasarkan penelitian tentang frekuensi kata kata yg pling sering diggunakan adalah the dengan frekuensi 410 lalu kata of dengan frekuensi 155. (c) berdasarkan penelitian tentang jenis kata jenis kata yang paling sering muncul adalah perposisi of setelah itu kata hubungand. Hal ini dapat disimpulkan bahawa siswa menggunakan berbagai macam kata dalam penulisan ekspositori mereka dengan frekuensi dan jenis katanya Peneliti akhirnya memberikan saran untuk para guru dan para peneliti yang akan datang. Saran untuk guru guru dapat mengajarkan kepada siswa tentang vocabulary yang berkaitan dengan penulisan ekspositori esai. Oleh karena itu siswa akan mempunyai kemampuan kosa kata lebih yang berkaitan dengan penulisan ekspositori esai. Dampak lebih jauhnya adalah peningkatan kemampuan siswa di dalam penulisan ekspositori esai. Saran untuk para peneliti kedepannya mereka direkomendasikan mengeksplor lebih jauh tentang penelitian korpus dan penggunaan program korpus di dalam kegiatan belajar misalnya mengintegrasikan antcont di dalam kegaiatan belajar untuk menganilisis penggunaan kolokasi di dalam penulisan siswa. Jadi para peneliti dapat memperbaiki kesalahan kolokasi di penulisan siswa. Tapi sebelum itu para peneliti harus menyesuaikan topic untuk menyesuaikan dengan level siswa di dalam penelitian tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58827

Actions (login required)

View Item View Item