Developing an integrated english syllabus for MTS Pesantren Al-Amin in Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto / Suharyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing an integrated english syllabus for MTS Pesantren Al-Amin in Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto / Suharyono

Suharyono (2016) Developing an integrated english syllabus for MTS Pesantren Al-Amin in Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto / Suharyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suharyono. 2015. Developing an Integrated English Syllabus for MTs Pesantren Al-Amin in Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto. Thesis. Graduate Program in English Language Teaching. Advisors (I) Prof. Mohammad Adnan Latief Ph.D. (II) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. Kata Kunci Silabus Bahasa Inggris Terintegrasi MTs Pesantren Pondok pesantren Al-Amin Mojokerto adalah sebuah pondok yang sedang mengembangkan pengajaran bahasa Inggris yang efektif. Institusi ini memiliki dua program pengajaran yaitu formal di madrasah dengan menggunakan kurikulum K13 dan informal di pesantren. Di pesantren pengajaran bahasa Inggris melalui tiga kegiatan yaitu morning program conversation dan khitobah. Dalam satu minggu masing-masing memiliki alokasi waktu 5 pertemuan dengan 45 menit per pertemuan 1 pertemuan dengan 45 menit per pertemuan dan 1 pertemuan dengan 60 menit per pertemuan. Dalam menjalan program ini guru tidak memiliki panduan sama sekali. Ketiadaan silabus sebagai pedoman menjadi masalah utama. Materi di madrasah dan pesantren saling tumpang tindih. Pengajaran bahasa Inggris tidak memiliki tujuan yang jelas dan tentunya langkah-langkah yang sistematis untuk mencapai tujuan tersebut. Sebenarnya madrasah memiliki syllabus. Akan tetapi masih berdasar KTSP. Dan silabus tersebut diperoleh dari internet. sedangkan kurikulum yang sedang dipakai adalah K13. Di pesantren bahkan tidak tersedia silabus. Guru menentukan apa kapan dan bagaimana pengajaran bahasa Inggris berlangsung pada saat datang ke kelas. Institusi juga tidak menyediakan panduan yang jelas untuk guru. Ketiadaan silabus yang sesuai tersebut membuat santri-santri kesulitan mencapai kompetensi yang diharapkan. Peneliti mengembangkan silabus terintegrasi untuk pengajaran bahasa Inggris di madrasah maupun di pesantren dengan melaksanakn Penelitian dan Pengembangan (R D). Peneliti mengadaptasi dan menggabungkan model modifikasi program bahasa pengembangan program bahasa dari Yalden (1983) dan pengembangan program bahasa dari Richard (2001). Dari ketiga model pengembangan tersebut beberapa langkah dilakukan. Yang pertama adalah analisa kebutuhan yang meliputi interview dengan otoritas institusi praktisi dan santri-santri serta mengevaluasi silabus yang ada. Hasilnya seluruh program yang ada seharusnya diintegrasikan. Semua program akan tergabung dan memiliki satu tujuan yang bersifat umum. Materi-materinya saling melengkapi. Madrasah lebih fokus pada pengembangan pengetahuan sedangkan pesantren fokus pada pengembangan keterampilan. Kedua program juga menanamkan sikap-sikap positif pada santri.Hasil dari analisa kebutuhan digunakan untuk merumuskan deskripsi dan tujuan dari program menentukan tipe silabus mengembangkan silabus proto mengembangkan silabus pedagogik. Dari langkah-langkah tersebut draf utuh dari silabus dikembangkan. Kemudian draf diserahkan kepada tiga ahli yang telah ditunjuk. Dari ahli-ahli tersebut evaluasi dan revisi dilakukan. Diantara revisi tersebut mengenai petunjuk penggunaan silabus KI-KD pengalaman belajar dan penilaian. Setelah direvisi uji coba dilakukan. Hasilnya menunjukna bahwa guru masih perlu penjelasan tentang pengalaman belajar dan penilaian. Dua poin tersebut digunakan untuk merevisi petunjuk penggunaan silabus sehingga menjadi produk akhir. Produk akhir dari silabus ini merupakan gabungan dari silabus notional/functional situational dan structrual. Produk akhir berupa silabus bahasa Inggris terintegrasi untuk level MTs Pesantren Al-Amin. Silabus ini dilengkapi informasi tentang identitas program dan sekolah kompetensi inti kompetensi dasar indikator materi pengalaman belajar sistem evaluasi alokasi waktu dan sumber belajar. Pada bagian materi silabus ini dilengkapi dengan informasi tentang program-program yang dilaksanakan. Produk ini dilengkapi dengan petunjuk penggunaan dan sebuah contoh RPP yang dikembangkan dari silabus tersebut. Silabus ini disajikan dalam bentuk cetak dan soft file yang disimpan di CD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58825

Actions (login required)

View Item View Item