Implementing dictogloss procedure using animated stories to improve the ability of eighth graders in writing narrative texts / Fitratul Ahdiah

Ahdiah, Fitratul (2016) Implementing dictogloss procedure using animated stories to improve the ability of eighth graders in writing narrative texts / Fitratul Ahdiah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ahdiah, Fitratul. 2016. PenerapanProsedurDictogloss menggunakanCeritaAnimasiuntukMeningkatkanKemampuanSiswaKelas VIII dalamMenulisTeksNaratif. Tesis. JurusanPendidikanBahasaInggris, Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. BambangYudiCahyono, Ph. D., (II) Prof. UtamiWidiati, M. A., Ph. D. Kata kunci:prosedurdictogloss, ceritaanimasi, menulis, teksnaratif Penelitianinidilaksanakanuntukmeningkatkankemampuansiswakelas VIII dalammenulisteksnaratifdenganmenerapkanprosedurDictoglossmenggunakanceritaanimasi. Hasiltemuandalampenelitianawal di SMPN 6 MuaraUyamengindikasikanbahwasiswamempunyaimasalahdalammenulisdanmerekajugamemilikimotivasidanapresiasi yang rendahterhadappelajaranbahasaInggris. Olehkarenaitu, dengandidukungolehhasiltemuandaripenelitian-penelitiansebelumnyaterkaitpeningkatankemampuanmenulis, penulismemilihuntukmenerapkanprosedurDictoglossdanmemodifikasinyadenganmenggunakanceritaanimasisebagaimediapembelajaran yang atraktifdanmenarikdalampengajaranmenulisteksnaratif. Maka, rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah ÔÇ£bagaimanaprosedurDictoglossmenggunakanceritaanimasimampumeningkatkankemampuansiswakelas VIII dalammenulisteksnaratif?ÔÇØ Desainpenelitian yang digunakanpadapenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasKolaboratifyangterdiridariPlanning, Acting, Observing, danReflecting. Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus and seorangkolaboratorbekerjabersamapenelitidalammenyusunskenariopembelajaran yang memuatstrategiprosedurDictoglossmenggunakanceritaanimasidalamrencanapembelajaran, mengamatidanmerefleksikanpenerapanstrategi. Subyekpenelitianiniadalah 29 siswakelas VIII SMPN 6 MuaraUyatahunpelajaran 2015/2016. TemuandipenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanprosedurDictoglossmenggunakanceritaanimasitelahberhasilmeningkatkankemampuansiswadalammenulisteksnaratif. HasiltesmenulispadaakhirSiklus 2 menunjukkanbahwamayoritassiswa (93,10%)mampumeningkatkannilaimenulismerekadenganmemperolehpaling tidak10 poindarihasiltespadapenelitianawaldankemampuanmenulissiswasecaraumummeningkatdarikategoriPoor (buruk) keGood (baik). Selainitu, keterlibatansiswadalamproses pembelajaransangatbaik (96,65%) danpenerapanstrategiinimendapatkanresponpositif (90,47%) darisiswa. PeningkatankemampuansiswadalammenulisteksnaratifinidimungkinkandenganpenerapanprosedurDictoglossmenggunakanceritaanimasi yang mengikutiempattahapanprosedurDictogloss, yaitu(1) Preparation (melibatkansiswadalammencari kata-kata terkaitceritaanimasidanmelatihpelafalannya), (2) Dictation (memintasiswauntukmenontondanmencatat kata-kata dariceritaanimasi), (3) Reconstruction (memintasiswauntukmenuliskembalicerita yang telahditontondenganmenuliskolaboratif), dan (4) Analysis and Correction (memintasiswauntukmenganalisatulisangrup lain danmengoreksitulisangrupmerekasendiri). ProsedurDictoglossdalampenelitianinidiselesaikandalamduapertemuandantigaprosedurDictoglossdiselesaikan di setiapsiklus. Berdasarkanhasilpenelitianini, prosedurDictoglossmenggunakanceritaanimasidisarankanuntukdigunakanoleh guru-guru lain yang barangkalimengalamimasalahserupadalampraktikpengajaranbahasaInggris, terutamapadatingkatpendidikan yangsama.Peneliti-penelitiberikutnyajugadidoronguntukmengeksplorasilebihjauhpotensistrategiinipada genre teks yang berbedaditingkatanpendidikan yang lain dan/ataudalamkemampuanbahasaInggris yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58824

Actions (login required)

View Item View Item