Fadilla, Raisa (2016) Public senior high school English teachers' knowledge and implementation of scientific approach of K-13 in Malang / Raisa Fadilla. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fadilla Raisa. 2016. Pengetahuan Guru Bahasa Inggris SMA Negeri dan Implementasi Pendekatan Saintifik K-13 di Kota Malang. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (II) Dr. Suharmanto M. Pd. Kata kunci pengetahuan guru implementasi pendekatan saintifik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan guru bahasa Inggris SMA Negeri di Malang mengenai tujuan karakteristik prinsip model pembelajaran dan langkah-langkah Pendekatan Saintifik beserta implementasinya. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh guru bahasa Inggris SMA Negeri di Kota Malang. Metode kuantitatif dan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Untuk mengumpulkan data instrumen yang digunakan adalah tes tentang Pendekatan Saintifik lembar observasi dan catatan lapangan. Temuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama pengalaman mengajar dan tingkat pendidikan tidak menjamin guru memiliki pengetahuan yang mendalam tentang Pendekatan Saintifik. Sebaliknya jumlah pelatihan yang dihadiri sejalan dengan pemahaman mereka tentang Pendekatan Saintifik. Kedua jumlah guru yang memiliki pengetahuan baik dan guru yang memiliki pengetahuan rendah memiliki nilai yang seimbang. Guru dengan pengetahuan yang baik cenderung memiliki pengetahuan yang kuat tentang konsep Pendekatan Saintifik berhubungan dengan karakteristik prinsip model pembelajaran dan langkah-langkah Pendekatan Saintifik. Selanjutnya guru dengan pengetahuan yang cukup memiliki pengetahuan yang lemah mengenai karakteristik dan langkah-langkah dalam Pendekatan Ilmiah sedangkan guru dengan pengetahuan yang buruk sangat lemah di hampir semua konsep. Terkait dengan implementasi Pendekatan Saintifik guru dengan pengetahuan yang baik menerapkan pola yang sama seperti guru dengan pengetahuan yang cukup dalam menerapkan langkah-langkah Pendekatan Saintifik. Hal ini membuktikan bahwa meskipun guru memiliki tingkat konseptual yang berbeda mereka memiliki tingkat yang sama pada implementasi. Oleh karena itu dalam hal ini penerapan Pendekatan Saintifik di dalam kelas tidak sepenuhnya mencerminkan pengetahuan yang mereka miliki. Berdasarkan temuan tersebut ada beberapa saran yang diberikan untuk peningkatan kualitas pengetahuan guru dan implementasi Pendekatan Saintifik. Guru bahasa Inggris disarankan untuk berpartisipasi dalam program pengembangan profesional seperti lokakarya pelatihan atau seminar mengenai Pendekatan Saintifik. Terkait dengan implementasi guru harus mampu menarik perhatian siswa dengan menggunakan media yang menarik memberikan materi yang lebih menantang dan berbagai variasi kegiatan yang menarik untuk mengembangkan pemikiran kritis siswa. Selain itu kepala sekolah diharapkan untuk memberi perlakuan adil kepada semua guru bahasa Inggris agar mereka mempunyai kesempatan berpartisipasi dalam program pengembangan profesional yang memadai. Pembuat kebijakan juga perlu meningkatkan sosialisasi kebijakan yang dibuat kepada seluruh guru. Untuk peneliti selanjutnya penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan penelitian serupa tentang pengetahuan dan implementasi guru mengenai Pendekatan Saintifik dengan populasi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58823 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |