English for academic purposes: e-module of writing a report for food processing technology students / Areta Puspa - Repositori Universitas Negeri Malang

English for academic purposes: e-module of writing a report for food processing technology students / Areta Puspa

Puspa, Areta (2016) English for academic purposes: e-module of writing a report for food processing technology students / Areta Puspa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspa Areta. 2016. BahasaInggrisuntukTujuanAkademik E-ModulPenulisanLaporanuntukSiswaTeknologiHasilPangan. TesisJurusanPendidikanBahasaInggris Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing Prof. Mohammad Adnan Latief M.A PhD. (II) Dr. Emalia Iragiliati M.Pd. Kata Kunci E-modul PenulisanLaporan TeknologiHasilPangan E-modulmerupakansebuahprodukbahan ajar yang diperuntukanbagisiswabelajarmandiripada unit terkecil yaitumenulislaporan.MenulislaporanadalahsalahsatukompetensidasardalamsilabusBahasaInggris yang manasiswadimintamenulislaporanhasilpraktekkerjaindustridalamBahasaInggris.Hal inimerupakanwujudintegrasiantaramateriadaptif (BahasaInggris) danmateriproduktif (PengolahanHasilPangan).Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengembangkan E-module dalammenulislaporanuntuksiswajurusanPengolahanHasilPangan yang berfungsisebagaimateritambahan. Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembangan yang diadaptasidari model Borg and Gall (1996) danLatief (2014) yaitu (1) identifikasimasalah (2) pengembangnmateri (3) validasiahli (4) ujicobaproduk dan (5) produkhasil. Instrument yang digunakandalamidentifikasimasalahadalahwawancara evaluasimateri and angket.Writing Process Approachditerapkandalampengembanganmateri.Dua validator ahliterlibatuntuk proses validasi yaituahlimenulisdanpraktisi. Setelahproduktersebutdievaluasi ujicobadilakukankepadasiswa program studiPengolahanHasilPangan yang pernahmengikuti program pratekkerjaindustri.Terakhir hasilproduksiapuntukdigunakan. Temuandaripenelitianiniadalah E-modul yang menerapkan writing process approach dalambentukPDF File.Hal tersebutterpapardalam E-modul. Unit 1 adalahaspek-aspekmenulis yang terdiridari 5 aktifitasyaitu (1) menulis topic sentence dan supporting detail (2) koherensidankohesi (3) penggunaanbahasa (4) tandabaca dan (5) penulisanhurufkapital. Unit 2 adalahperencanaan yang terdiridaritigaaktifitas yaitu (1) menyebutkantopikmelaluimenulisbebas (2) mengeluarkan ide melaluipenuangkanpendapat dan (3) mengorganizir ide melaluimembuat outline. Unit 3 adalahpenggambaran yangterdiridari 3 aktifitas yaitu (1) menulispendahuluan (2) menulisbagianinti dan (3) menuliskesimpulandan saran.Pada unit 4 adameninjauanulang and pengeditan yang terdiridariduaaktifitas yaitu (1) meninjauulanglaporan dan (3) pengeditanlaporan.Hal tersebutmerupakanhasildarivalidasiahlidanujicoba.Disampingitu E-module inimenyediakanpembelajarandeduktifpadasetiap unit yang terdiridaripenjelasandancontohpadabagianawaluntukmemberikan background knowledge kepadasiswa kemudiandiikutiaktifitassiswa.Karenaprodukbahanajar inidiperuntukansiswa yang mengikuti program praktekkerjaindustri maka product ini di unggah di Edmodo. Untukpeneliti yang akandatang parapenelitidapatmenelitikeefektifandaripenyebaranprodukuntuksiswa yang menulislaporandalamBahasaInggrisdanmengembanganproduk yang samadengantemaataujurusan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58822

Actions (login required)

View Item View Item