Factors contributing to teachers' resistance in integrating ICT in EFL classroom in Situbondo / Nur Kamilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Factors contributing to teachers' resistance in integrating ICT in EFL classroom in Situbondo / Nur Kamilah

Kamilah, Nur (2016) Factors contributing to teachers' resistance in integrating ICT in EFL classroom in Situbondo / Nur Kamilah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kamilah Nur. 2016. Factors Contributing to Teachers Resistance in Integrating ICT in EFL Classroom in Situbondo. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. (II) Dr. Sintha Tresnadewi M.Pd. Key Words penggunaan TIK kelas Bahasa Inggris SMA di Situbondo guru resistan TIK telah mulai dipergunakan di kelas Bahasa Inggris sejak CALL ditemukan pada tahun 1980. Penggunaan TIK di kelas Bahasa Inggris membawa serta manfaat dan tantangan bagi pengajar dan pebelajar bahasa Inggris terutama dalam mencapai tujuan pembelajaran yakni otonomi belajar. Bagaimanapun guru merupakan tonggak utama yang mengontrol jalannya pengguunaan TIK tersebut di kelas. Banyak penelitian pun telah membuktikan peran krusial guru dalam penggunaan TIK. Namun terlepas dari pentingnya peran tersebut ditemukan adanya fenomena guru yang resistan terhadap penggunaan TIK di kelas. Hal tersebut menjadi tujuan penelitian ini yakni mengeksplor faktor-faktor penyebab resistansi guru terhadap penggunaan TIK. Temuannya diharapkan mampu menyajikan pola resistansi yang komprehensif. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pendekatan kualitatif dan menggunakan studi kasus multi-situs. Ada 7 responden dari 6 SMA negeri di Situbondo yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Sekolah-sekolah tersebut dipilih karena memenuhi karakteristik yang ditentukan peneliti. Masing-masing sekolah telah memenuhi standar Sarana Prasarana dan telah berkomitmen dalam menunjang proses pembelajaran dengan menyediakan perlengkapan TIK yang memadai seperti LCD proyektor dan sambungan Wi-fi. Data diperoleh peneliti dengan menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi hingga semua data mencapai jenuh. Ketiga instrument sekunder tersebut dipilih agar memenuhi syarat informasi yang reliabel sehingga menambah poin keterpercayaan temuan penelitian. Penelitian menghasilkan beberapa faktor penyebab resistan yang menyebabkan bedanya tingkat resistansi. Oleh sebab itu ada tiga kategori guru resistan di antaranya sangat sedang dan nol resistan. Kategori pertama disebabkan oleh kurangnya kemampuan menggunakan TIK tingginya keengganan untuk belajar serta menggunakan teknologi TIK. Sedangkan kategori resistan yang sedang disebabkan oleh adanya rasa ragu dalam menggunakan TIK fasilitas sekolah yang kurang suportif kurangnya pengetahuan pedagogi yang berkaitan dengan penggunaan TIK di kelas serta kurangnya kemampuan penggunaan TIK. Kategori yang terakhir nol resistan muncul karena fasilitas sekolah yang mendukung tingginya ketertarikan dan penggunaan TIK serta kepercayaan diri dalam mengaplikasikan ragam teknologi TIK di kelas. Temuan ini sebagian berlawanan dengan temuan penelitian terdahulu dan sebagian lagi sejalan. Hasil penelitian ditujukan untuk para guru bahasa Inggris agar peka terhadap adanya faktor-faktor yang dapat menyebabkan sikap resistan dan mampu mengambil sikap untuk mengatasinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58821

Actions (login required)

View Item View Item