Halim, Abdul (2016) The students' perceptions towards the use of authentic materials in English classes at SMAN 10 Samarinda / Abdul Halim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Halim Abdul. 2016. The Students Perceptions Towards the Use of Authentic Materials in English Classes at SMAN 10 Samarinda. Thesis. Graduate Program in English Language Teaching State University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. (II) Dr. Mirjam Anugerahwati MA. Kata Kunci Students Perceptions Authentic Materials Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui pendapat siswa mengenai penggunaan materi otentik dalam konteks Indonesia. Melibatkan 50 siswa dari SMAN 10 Samarinda penelitian ini dilaksanakan dengan lima permasalahan penelitian (1) Bagaimana pendapat siswa tentang buku yang mereka gunakan saat ini (2) Bagaimana pendapat siswa tentang penggunaan materi otentik dalam pelajaran reading (3) Bagaimana pendapat siswa tentang penggunaan materi otentik dalam pelajaran listening (4) Jenis materi otentik apa saja yang menjadi pilihan siswa untuk digunakan pada kelas-kelas yang akan datang (5) Aktivitas apa saja yang dapat guru lakukan dalam mengajar menggunakan materi otentik Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Penomena yang khas terjadi di SMAN 10 Samarinda sebuah sekolah yang terkenal dengan penerimaan yang ketat dan lulusan yang berkualitas. Di sekolah guru bahasa Inggris menggunakan materi tambahan berupa materi otentik untuk menunjang buku teks yang disediakan oleh pemerintah karena siswa menganggap materi dari buku teks tersebut mudah dan ada kecenderungan meremehkan materi pelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini dilaksanakan dengan permalahan penelitian di atas. Penelitian ini dimulai dengan pilot study. Hasil dari studi tersebut menjadi dasar untuk mengetahui lebih lanjut. Beberapa sumber data seperti kuisioner dan wawancara digunakan sebagai instrument untuk mengumpulkan data. Mengadaptasi kuisioner dari penelitian sebelumnya instrument penelitian ini kemudian dikembangkan dan divalidasi. Data awal dikumpulkan dan dianalisa. Hasilnya digunakan sebgai panduan sesi interview dengan siswa dan guru. Seluruh siswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII dari XII IPA 2 and XII IPA 3 yang telah diajar dengan menggunakan materi otentik selama satu semester. Hasilnya menunjukan bahwa para siswa memiliki persepsi positif terhadap penggunaan materi otentik untuk tujuan pembelajaran. Mereka sependapat bahwa buku siswa yang ada sekarang memerlukan materi tambahan seperti materi otentik untuk memenuhi kebutuhan siswa akan materi terbaru dan tuntutan kurikulum. Lebih lanjut para siswa juga mengkonfirmasi bahwa penggunaan materi otentik di kelas sangat berguna untuk melatih reading skill. Di samping itu mereka juga setuju bahwa pengunaan materi otentik untuk listening sangat bermanfaat bagi mereka. Penelitian ini juga mengungkapkan jenis-jenis materi otentik yang menjadi pilihan siswa untuk masa yang akan datang yang dapat menjadi acuan bagi para guru dalam memilih materi untuk siswanya. Berikutnya sesi wawancara dengan guru di sekolah tersebut juga menjawab jenis aktifitas yang bisa digunakan dengan materi otentik seperti pair work dan group work dalam aktifitas membaca menulis laporan presentasi poster mengidentifikasi konten bahasa dll.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58819 |
Actions (login required)
View Item |