Silcha, Wihda Nadia (2016) Developing a web-based argumentative writing media for students of English Department / Wihda Nadia Silcha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Silcha Wihda Nadia. 2016.Mengembangkan Media PembelajaranBerbasis Website untukPembelajaranMenulisArgumentatifMahasiswaJurusanBahasaInggris.Tesis. S2 PendidikanBahasaInggris. Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. NurMukminatien M.Pd (2) Francisca Maria Ivone M.A. Ph.D. Kata kunci Website menulis argumentative pendekatanprocess writing. Menulisargumentatifadalahmatakuliahpenulisanterakhir yang disajikan di semester 6 jurusanBahasaInggris FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Memilikikemampuanmenulisargumentatif yang baiksangatpentingbagimahasiswadalamhalakademikdankarir akantetapikerumitandalammenulisteksargumentatifmenyebabkankesulitanbagimahasiswadalambelajardanbagidosendalammengajar. Pembelajaranmenulisyang lebihberfokuspada prosesdiketahuilebihefektifdaripadapembelajaranmenulis yang berfokuspadaproduk. Kelemahanpendekatan yang berfokuspada proses yaitumemerlukanwaktu yang lebih lama danmembutuhhkanadanya proses pembelajaran yang berkesinambungandalampenerapanlimatahapan perencanaan penulisannaskah revisi penyuntingan danpublikasi. Proses yang relatif lama tersebutdapatdipercepatdenganpenggunaanteknologidalambentukpembelajaranonline yang memungkinkan proses tersebutdikerjakansecaraonline maupunoffline. Pembelajaranonlinebelumtersedia di perguruantinggi. Penelitianinibertujuanuntukmengembangkanplatformpembelajaranonlineberbasiswebsiteuntukmatakuliahmenulisargumentatif. Websiteinimemungkinkan proses belajar-mengajarsecaraonlinetanpaterbataswaktudantempat. Selainmemfasilitasilangkah-langkahdalampembelajaranmenulisberbasis proses secarasecaraonline websiteinijugamemilikifiturpendukunglainnya yang dapatmembantupembelajaranmenjadilebihefektifdanefisien.PenelitianinimenggunakanmetodeResearch and Development yang dikembangkanoleh Borg dan Gall (1983). Wawancaradilakukanpadamahasiswa dosenpengampumatakuliahmenulisargumentatif KepalaJurusandanDekanFakultasSastrauntukmelihatkebutuhan di lapangan.Ahlipenulisan ahli media pembelajaran danahli IT dilibatkandalampenelitianiniuntukmemvalidasiproduk. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwawebsitedenganalamatwww.writingmate.netsesuaiuntukdigunakansebagai media online dalam proses belajar-mengajarmenulisargumentatif.Penelitianinidiharapkanmemberikanalternatif yang praktisuntukmeningkatkanaktifitasbelajar-mengajar.Penelitianinijugamemberikankeuntunganbagimahasiswa dosenpengampu danJurusanBahasaInggrisdalammenyediakanfasilitasberbasisteknologi yang canggihdalam proses belajar-mengajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58818 |
Actions (login required)
View Item |