Do extended L2 glossed short stories affect English Department students' reading comprehension and motivate them to read? / Novrika Nartiningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Do extended L2 glossed short stories affect English Department students' reading comprehension and motivate them to read? / Novrika Nartiningrum

Nartiningrum, Novrika (2016) Do extended L2 glossed short stories affect English Department students' reading comprehension and motivate them to read? / Novrika Nartiningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nartiningrum Novrika. 2016. ApakahExtended L2 Glossed Short Stories Mempengaruhi Kemampuan Membaca Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris danmemotivasi merekauntuk membaca Tesis Program Magister di Pengajaran Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Mirjam Anugerahwati M.A and Prof. A. Effendi Kadarisman M.A Ph.D. Kata kunci extended L2 glossed short stories kemampuan membaca motivasi untuk membaca Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan membaca siswa yang diberi extended L2 glossed short stories dan siswa yang tidak diberi extended L2 glossed short stories . Selain itu penelitian ini juga ditujukan untuk mencari tahu perbedaan pada motivasi membacasiswa yang diberi extended L2 glossed short stories dan siswa yang tidak diberi extended L2 glossed short stories . Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi-eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Malang program studi pendidikan bahasa Inggris di tahun ajaran 2015-2016 dengan 51 mahasiswa ELT semester 4 sebagai subjek penelitian (sample). Merekadibagi menjadi dua grup 27 mahasiswaberada grup eksperimen dan 24 mahasiswa berada di grup kontrol. Penelitian ini menggunakan non-probability sampling. Penelitian ini menghasilkan dua simpulan yang berkaitan dengan kemampuan membaca mahasiswa dan motivasi mereka dalam membaca.Simpulan pertama menyebutkan bahwa extended L2 glossed short stories tidak memberikan efek yang signifikanmenurut perhitungan statistik padakemampuan membaca mahasiswa walaupun rata-rata skor grup eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata skor grup kontrol. Simpulan kedua menyebutkan bahwa extended L2 glossed short stories tidak memberikan efek yang signifikan menurut perhitungan statistic padamotivasi membaca mahasiswa. Efek-efek tidak signifikan secara statistic ini mungkin disebabkan oleh jumlah subjek penelitian yang tidak terlalu banyak glossing digunakan secara mandiri (tanpa digabungkan dengan strategi belajar kata-kata yang dipilih berdasarkan keseringan kemunculan kata kata asing yang ditemukan di teks kuesioner belum di uji cobakan di Indonesia dan motivasi diukur melaluikonsep diri sebagai pembaca dan bagaimana siswa menghargai proses membaca. Dua simpulan tersebut dibuktikan secara statistik dengan menggunakan Independen Sampel T-test dalam program bernama SPSS 16. Hasil penelitian memberikan saran bahwa guru diharapkan memberikan extended L2 glossed short stories untuk memperkaya kosa kata mahasiswa karena glossing menyediakan arti dari kata-kata yang kurang familiar membantu mereka memahami cerita-cerita pendek dengan lebih baik dan membantu mereka untuk lebih menikmati proses membaca. Peneliti lain tertarik dengan penelitian ini bisa memberikan extended L2 glossed short stories kepada siswadengan kemampuan berbahasa Inggris yang lebih rendah untuk meneliti efek glossing dalam meningkatkan motivasi membaca dan kemampuan membaca mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58817

Actions (login required)

View Item View Item