Developing a prototype of supplementary multimedia-based listening materials for the seventh graders / Isna Rakhmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing a prototype of supplementary multimedia-based listening materials for the seventh graders / Isna Rakhmawati

Rakhmawati, Isna (2016) Developing a prototype of supplementary multimedia-based listening materials for the seventh graders / Isna Rakhmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rakhmawati Isna. 2016. Developing a Prototype of Supplementary Listening Materials for the Seventh Graders. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Emalia Iragiliati M.Pd (II) Dr. Sri Rachmajanti Dip.TESL M.Pd Kata Kunci Materi multimedia mendengarkan kurikulum 2013 scientific method prototipe Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe materi multimedia mendengarkan sebagai materi tambahan untuk siswa kelas VII SMP yang nantinya dapat digunakan untuk pembelajaran mandiri pada semester kedua. Materi ini dikembangkan berdasarkan hasil analisa silabus pengajaran Bahasa Inggris pada Kurikulum Bahasa Inggris 2013 yang menggunakan scientific method dalam langkah pembelajaran mengamati teks menanya mengumpulkan data menganalisa data mengkomunikasikan teks dan menciptakan. Berdasarkan hasil analisa kebutuhan terdapat beberapa alasan mengapa pengembangan prototipe materi ini perlu di lakukan yaitu (1) buku pelajaran yang digunakan siswa tidak memiliki rekaman audio pada materi mendengarkan yang sesuai dengan Kompetensi Standar 3.9 4.10 3.10 4.12 yaitu teks instruksi dan deskripsi dalam bentuk oral dan (2) siswa membutuhkan materi pembelajaran yang menarik dan dapat memotivasi mereka. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan dari Gall dkk (2003) karena beberapa faktor yaitu keterbatasan waktu biaya kemudahan akses untuk melakukan penelitian dengan langkah-langkah melakukan analisis kebutuhan perencanaan produk dan desain pengembangan produk validasi produk dari ahli revisi dan uji coba. Dalam pengembangan materi penelitian ini mengadopsi Model Delphi dari Kinney dan Bruck (2009) yaitu (1) Pre-development (2) Product Development dan (3) Final Product. Subjek dalam uji coba produk adalah siswa kelas tujuh SMP Negeri 1 Bangil. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner siswa checklist evaluasi buku pedoman wawancara dan instrumen validasi ahli. Produk akhir dari penelitian ini berbentuk multimedia dilengkapi dengan CD/DVD. Materi listening ini dikembangkan dalam beberapa slide grid yaitu Home User Guide Profile dan Unit. Unit 1 fokus pada teks instruksi. Unit 2 fokus pada teks deskripsi. Masing-masing unit memiliki aktifitas listening yang berbeda yang terbagi secara merata kedalam langkah scientific method. Kunci jawaban juga tersedia sehingga siswa dapat melakukan pengecekan secara mandiri. Hasil dari validasi ahli menunjukkan bahwa isi materi sangat bagus dan sesuai dengan Kurikulum 2013. Animasi yang ada cukup menarik dengan berbagai macam latihan mendengarkan. Menurut pendapat dari siswa dalam uji coba produk kebanyakan dari mereka (100%) menyukai topik materi yang disajikan. Selain itu materi ini juga dapat memotivasi siswa karena tersedia tampilan nilai dan juga kunci jawaban. Produk ini telah berhasil meningkatkan motivasi siswa untuk belajar mendengarkan dan diharapkan untuk meningkatkan nilai siswa utamanya dalam pelajaran mendengar. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58814

Actions (login required)

View Item View Item