Developing listening materials for tenth grade students of vocational high school majoring in cookery / Atik Ulinuha - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing listening materials for tenth grade students of vocational high school majoring in cookery / Atik Ulinuha

Ulinuha, Atik (2016) Developing listening materials for tenth grade students of vocational high school majoring in cookery / Atik Ulinuha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulinuha Atik. 2016. Pengembangan Materi Menyimak untuk Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Tata Boga.Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. UtamiWidiati M.A. Ph.D (II) Dr. Utari Praba Astuti M.A Kata Kunci penelitian pengembangan materi menyimak tata boga Pada proses pembelajaran menyimak materi menyimak sangatlah diperlukan. Pada pembelajaran bahasa Inggris di sekolah kejuruan materi yang diajarkan haruslah materi yang dapat diterima dianggap sesuai dan berguna bagi siswa yakni materi yang berkaitan dengan program keahlian siswa. Akan tetapi tidak adanya materi yang sesuai dalam pembelajaran menyimak merupakan salah satu masalah di SMKN3 Kediri terutama pada jurusan tata boga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan materi menyimak untuk siswa kelas sepuluh jurusan tata boga di SMKN 3 Kediri. Dengan menerapkan enam tahapan yang diadaptasi dari Gall Gall dan Borg (2003) dan ADDIE (McGriff 2000). Enam tahapan tersebut ialah analisa kebutuhan desain produk pengembangan produk evaluasi produk dan penyelesaian akhir produk. Analisa kebutuhan dilakukan dengan melakukan survei di toko buku perpustakaan Internet dan sekolah membagikan kuesioner kepada siswa kelas X dan mewawancara guru bahasa Inggris. Pada tahap desain produk peneliti merancang struktur materi dan membuat kisi-kisi produk. Kemudian pada tahap pengembangan produk peneliti merekam audio dan mendesain produk. Tahapan evaluasi produk melibatkan validasi ahli dan uji coba produk. Pada tahap ini produk dievaluasi oleh ahli materi bahasa Inggris ahli media dan ahli tata boga. Produk yang telah direvisi kemudian diujicobakan pada guru bahasa Inggris dan 21 siswa kelas X jurusan tata boga. Hasil dari evaluasi produk tersebut kemudian menjadi dasar bagi peneliti dalam merevisi produk yang kemudian dijadikan menjadi produk akhir. Produk akhir terdiri dari sebuah CD yang berisikan materi menyimak dalam bentuk flash sebuah buku kerja siswa dan sebuah buku panduan guru. CD materi menyimak memiliki 7 unit materi yang berisikan audio video gambar teks dan animasi di dalamnya. Buku kerja siswa berisikan pendahuluan daftar isi materi daftar pustaka dan tentang penulis. Buku panduan guru berisikan pendahulua daftar isi petunjuk penggunaan distribusi materi saran penyampaian materi naskah materi kunci jawaban daftar pustaka dan tentang penulis. Dengan adanya produk ini masalah ketiadaan materi menyimak yang sesuai dengan siswa pada jurusan boga telah diselesaikan. Produk inimemilikibeberapakeunggulan di antaranyaadalahmenjadimaterimenyimak yang bergunabagisiswakarenaprodukinimemilikipelafalan yang jelasdantepatdanmemilikiberagamkegiatan yang mendukungpemahamandanpenguasaanmenyimakbagisiswa memilikiisi yang sesuaidenganjurusantatabogadandapatbermanfaatbagisiswabaikdalamakademismaupunkarirmereka dipresentasikandalambentuk yang menarikdenganberagamgambar yang mendukungsehinggadapatmenarikperhatiandanmemotivasisiswadalambelajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58812

Actions (login required)

View Item View Item