Noor, Mochammad (2016) Improving the ability in writing narrative text of the eighth graders of SMP Negeri 13 at Samarinda through peer feedback / Mochammad Noor. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Noor Mochammad 2016 PeningkatanKemampuanMenulisTeksNarasipadaSiswaKelas 8 di Sekolah SMP Negeri 13 SamarindamelaluiStrategi Peer Feedback. Tesis Program PendidikanBahasaInggris. Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. BambangYudiCahyono Ph.D. (2) Dr. ArwijatiWahyudi Dip.TESL M.Pd Kata Kunci KemampuanMenulis StrategiPeer Feedback Penelitianinidilaksanakanberdasarkanstudipendahuluan yang menunjukkanbahwapenelitimenemukannilai rata-rata siswadarimenulisteksnarasimasihlebihrendahdibandingkandengannilai KKM.Selainitu kondisi proses pembelajaransangatmembosankandansiswahanyamemilikisedikitmotivasiuntukbelajar. Rumusanmasalahdalamstudiiniadalah Bagaimanastrategipeer feedbackdapatmeningkatkankemampuandalammenulisteksnaratifbagikelasdelapan di SMP Negeri 13 Samarinda Studiinimenggunakandesainpenelitiantindakankelas.Studiinidilaksanakanmelaluiprosedur PTK dengansiklussebagaiberikut Studipendahuluan merencanakan melaksanakan mengamati danmerefleksi. Seluruhprosedurdalampenelitianinimenghabiskan 7 kali pertemuan yang mana 6 pertemuanadalahuntukmengimplementasikanstrategitersebut sementarasatupertemuanuntukmerefleksihasildaripenelitianini. Padafaseimplementasi penelitiberkonsentrasipadalangkah langkah yang adadalamstrategipeer feedbackuntukmeningkatkankemampuansiswadalammenulisteksnarasi langkahtersebutyaitumenjelaskan (explaining) latihan (training) mencontohkan (modeling) danpraktek (practicing). Padapertemuanpertama.Penelitiberfokuspadapenjelasantentangapa mengapa danbagaimanastrategitersebutdapatmeningkatkankemampuansiswadalammenulis. Training (pelatihan) dilaksanakapadapertemuankeduadimanapenelitimelatihparasiswauntukmenjadiseorangperiviuteksnarasi.Dipertemuanketiga penelitimulaimemberikanpercontohan (Modeling) tentangbagaimanacaranyamemberikanfeedbackkepadasuatudrafdenganmenggunakanacuanfeedback.Dan langkah yang terakhiryaitupraktek (practicing) telahdiaplikasikanpadaprtemuankeempat kelima dankeenam. Dari sudutpandang proses partisipasibelajarsiswameningkatdariwaktukewaktu. Sementaraitu darisudutpandanghasil prestasibelajarwritingsiswameningkatdaristudipendahulunyayaitusebesar 13 86 poindarihasilstudipendahuluansebesar 62 8 menjadi 76 66 setelah di implementasikannyatehnikpeer feedback. Sementarauntukresponsiswamengenaipengimplementasianstrategipeer feedbackmenunjukkan 91 2 % menjawabpositifterhadapstrategiini. Berdasarkantemuandaripenelitianini penelitimenyarankanbahwastrategiinidapatdijadikansebagaistrategialternatif yang dapatmeningkatkankemampuanmenulissiswa.Meskipundemikian sebelummenerapkanstrategiini adabaiknyabagi guru untukmemperhatikanbeberapaaspek.Yang pertamayaitupenguasaanbahasasiswa dan yang keduaadalahpersiapan yang meliputiperencanaan yang berhatihatidanprosedur yang konsistendalamtahapanpelaksanaanstrategipeer feedbackini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |