Implementing process-based approach combined with cue cards to improve eight graders' ability in writing descriptive texts / Agus Suyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing process-based approach combined with cue cards to improve eight graders' ability in writing descriptive texts / Agus Suyanto

Suyanto, Agus (2016) Implementing process-based approach combined with cue cards to improve eight graders' ability in writing descriptive texts / Agus Suyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suyanto Agus. 2016. Penerapan Pendekatan Proses Dikombinasikan dengan Cue Cards untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Deskriptif. Tesis Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (II) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. Kata kunci Pendekatan Proses Cue Cards Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan proses dikombinasikan dengan cue cards untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas 8 SMPN 1Bancar dalam menulis teks deskriptif. Hasil dari study pendahuluan menunjukkan bahwa mayoritas kemampuan siswa dalam ketrampilan menulis masih rendah. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas secara kolaboratif. Peneliti dibantu oleh seorang kolaborator dalam mendesain rencana pembelajaran menentukan kriteria kesuksesan menerapkan tindakan mengamati dan merefleksikan tindakan yang telah dilaksanakan. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas 8 SMPN 1 Bancar Tuban pada semester ke-2 tahun pelajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan hasil tes menulis siswa kuisioner dan catatan lapangan sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus yang dilaksanakan dalam 5 pertemuan. Kegiatan dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan proses yang terdiri dari tahapan planning drafting revising dan editing. Langkah-langkah dalam penerapan pendekatan proses adalah sebagai berikut (1) dalam tahapan planning para siswa mengamati cue cards dan membuat catatan sebagai outline dengan bantuan pertanyaan dari guru (2) pada tahapan drafting siswa mulai menulis draft pertama mereka bedasarkan catatan yang mereka buat (3) pada tahapan revising siswa merevisi draft mereka berdasarkan komentar dan feedback dari guru kemudian siswa melakukan koreksi antar teman dan (4) pada tahapan editing siswa meralat draft tulisan mereka berdasarkan hasil dari koreksi antar teman. Hasil penemuan dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan proses dikombinasikan dengan cue cards dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil study pendahuluan dimana nilai rata-rata siswa adalah 59.83 yang kemudian meningkat menjadi 82.72 setelah penerapan pendekatan proses yang di gabungkan dengan cue cards. Seluruh siswa dapat meningkatkan nilai mereka lebih dari 10 poin dan tingkat kemajuan mereka jg meningkat satu level atau lebih. Selanjutnya hasil dari kuisioner menunjukkan bahwa seluruh siswa (100%) memberikan respon positif terhadap penerapan pendekatan proses dengan media cue cards. Berkenaan dengan hasil penemuan dari penelitian ini para guru bahasa Inggris direkomendasikan untuk menerapkan strategi ini dalam kegiatan pembelajaran yang mereka lakukan. Untuk para kepala sekolah hasil dari penelitian ini akan sangat berguna dalam menyediakan pilihan strategi yang dapat digunakan oleh para guru bahasa Inggris dilingkungan sekolah mereka dalam meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran. Akhirnya untuk para peneliti di masa mendatang disarankan untuk menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk melaksanakan penelitian yang sama khususnya penelitian untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58806

Actions (login required)

View Item View Item