The roles of writing attitudes and writing apprehension in EFL learners' writing performance / Ulin Ni'mah - Repositori Universitas Negeri Malang

The roles of writing attitudes and writing apprehension in EFL learners' writing performance / Ulin Ni'mah

Ni'mah, Ulin (2016) The roles of writing attitudes and writing apprehension in EFL learners' writing performance / Ulin Ni'mah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ni mah U. 2016. The Roles of Writing Attitudes and Writing Apprehension in EFL Learners Writing Performance. Magister Tesis English Department Graduate Program State University of Malang. Pembimbing (1) Prof. A. Effendi Kadarisman M.A. Ph.D (2) Nunung Suryati M.Ed. Ph.D. Kata Kunci Sikap Menulis Kecemasan Menulis Prestasi Menulis Belajar menulis dalam bahasa asing merupakan salah satu tugas menantang dalam pembelajaran bahasa asing. Ada banyak kesulitan yang dihadapi oleh siswa salah satunya adalah faktor psikologis dan afektif seperti sikap siswa terhadap menulis dalam bahasa Inggris dan kecemasan saat menulis dalam bahasa Inggris. Faktor psikologis dan afektif ini telah lama dipercaya memiliki hubungan yang erat dengan hasil pembelajaran bahasa asing termasuk prestasi menulis. Sikap terhadap menulis terbukti berkorelasi positif dengan prestasi menulis sedangkan kecemasan saat menulis berkorelasi negatif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian metode campuran karena bertujuan memeriksa tingkat hubungan antara sikap terhadap menulis kecemasan saat menulis dan prestasi menulis siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan penyebab kedua faktor psikologis tersebut. Peneliti memberikan kuesioner sikap terhadap menulis yang diadaptasi dari Rose (1984) dan Gardner (1985) and kuesioner kecemasan saat menulis diadaptasi dari Daly Miller (1975) dan Cheng (2004) untuk mengukur tingkat sikap terhadap menulis dan kecemasan saat menulis. Tes menulis diberikan pada mahasiswa untuk mengukur kemampuan menulis mereka dan wawancara agak terstruktur dilakukan untuk mengetahui penyebab sikap dan kecemasan menulis. Kuesioner tes menulis dan wawancara diberikan kepada mahasiswa jurusan selain bahasa Inggris di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini menemukan adanya hubungan korelasi positif dan signifikan antara sikap terhadap menulis dalam bahasa Inggris dan prestasi menulis (r .24 and sig .049

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58805

Actions (login required)

View Item View Item