Interactive and interactional metadiscourse in advanced writing by Indonesian EFL College Students / Reni Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Interactive and interactional metadiscourse in advanced writing by Indonesian EFL College Students / Reni Andriani

Andriani, Reni (2016) Interactive and interactional metadiscourse in advanced writing by Indonesian EFL College Students / Reni Andriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andriani Reni. 2016. Writers Persona in the Use of Interactive and Interactional Metadiscourse by Indonesian EFL College Students in Advanced Writing. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. (II) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. Kata Kunci Penanda Metadiscourse Penulisan Tingkat Lanjut Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Menanggapi perkembangan pembelajaran metadiscourse penelitian ini bermaksud untuk mengungkapkan permasalahan dalam penggunaan metadiscourse dalam karya ilmiah oleh mahasiswa Indonesia yang belajar bahasa Inggris. Penelitian inyakin bahwa penggunaan penanda metadiscourse memiliki peran besar dalam menghasilkan tulisan-tulisan akademik yang baik. Penelitian ini juga membawa dua poin tujuan penelitian menggambarkan jenis dan frekuensi penanda metadiscourse yang digunakan dalam artikel penelitian mahasiswa bahasa Inggris dan menguraikan perbedaan jenis metadiscourse yang digunakan antara artikel penelitian dalam English Linguistics English Language Teaching dan English Literature oleh mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian berdasarkan korpus sebagai cara untuk memahami informasi dari penggunaan metadiscourse dalam artikel penelitian mahasiswa bahasa Inggris. Secara kualitatif ini bertujuan untuk menjelaskan konteks metadiscourse yang digunakan oleh mahasiswa bahasa Inggris dan juga perbedaan dari masing-masing penanda pada karya ilmiah dari ELT Linguistics dan English Literature. Artikel-artikel tersebut diklasifikasikan dalam ELT (194 artikel) Linguistics (67 artikel) dan Literature (33 artikel) yang semuanya ditulis dalam bahasa Inggris. Dengan bantuan komputasi artikel-artikel tersebut kemudian dianalisis dengan Antconct. Pada akhirnya mereka dikategorikan ke dalam jenis-jenis metadiscourse interactive dan interactional metadiscourse dengan 10 fungsi dari metadiscourse transition markers (32.74%) frame markers(2.19%) endhaporic(3.55%) evidentials (1.99%) code glosses (5.25%) hedges (13.31%) boosters (13.93%) attitude markers (5.34%) self mentions (4.68%) engagement markers (16.98%). Hasilnya menunjukkan bahwa mahasiswa bahasa Ingrris cenderung menggunakan kategori interaksional dari pada interaktif. Ada beberapa perbedaan dari penggunaan jenis metadiscourse antara artikel- artikel bahasa Ingrris tersebut( ELT Linguitics Literature). Perbedaaan terbanyak ditemukan dalam artikel English Literature. Secara keseluruhan perbedaan tersebut menunjukkan cara untuk menempatkan argumen dalam berinteraksi. Secara eksplisit hal tersebut menunjukkan identitas personal masin g-masing jurusan dari penggunaan berbagai jenis metadiscourse

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58804

Actions (login required)

View Item View Item