Khoiriyah, Siti Lailatul (2016) The correlation among attitude, motivation and speaking achievement of college students across personality factors / Siti Lailatul Khoiriyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khoiriyah SitiLailatul. 2016. The Correlation among Attitude Motivation and Speaking Achievement of College Students across Personality Factors. Thesis.Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd. M.Ed. (II) Dr. Enny Irawati M.Pd. Kata Kunci Sikap Motivasi Prestasiberbicara FaktorKepribadian Pentingnya pemahaman tentang sikap motivasi dan kepribadian siswa pada pemebelajaran bahasaInggris sangatlah pentinguntukparapelaksanadan guru Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan pada penemuan akan hubungan antara sikap dan motivasi yang diketahui sebagai faktor yang berpengaruh terhadap nilai berbicara berdasarkan faktor kepribadian siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi instrumen-instrumen yang digunakan adalah Attitude and Motivation Test Battery (AMTB) The Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) tes berbicara dan tes TOEFL-like. Enam puluh mahasiswa yang bukan dari jurusan bahasa inggris padaUniversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang mengambil matakuliah Bahasa Inggris sebagai materi wajib berpartisipasi sebagai sampel penelitian. Mereka merupakan mahasiswa semester empat yang mengambil mata kuliah TOEFL dan Speaking. Data yang didapat dari kuesioner dan tes berbicara dianalisis menggunakan program SPSS 16 dengan menghitung koefisien korelasi menggunakan model korelasi Spearman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua hasil utama pertama adanya hubungan yang signifikan antara sikap motivasi dan pemerolehan berbicara pada mahasiswa extrovert yaitu 23 7% dan kedua adanya hubungan yang signifikanantarasikap motivasi dan pemerolehan berbicara pada mahasiswa introvert yaitu15 3%. Dari dua hasil utama diatas peneliti juga menemukan empat sub hasil adanya hubungan antara (1) sikap dengan prestasiberbicaramahasiswa extrovert r 0.20 (2) motivasi dengan prestasi berbicaramahasiswa extrovert r 0.47 danadanyahubunganantara (3) sikap dengan prestasiberbicaramahasiswaintrovert r 0.58 (4) motivasi dengan prestasiberbicara mahasiswa introvert r 0.42.Secarakesimpulan sikap dan motivasi dapat dijadikan sebagai predictor untuk melihat prestasi mahasiswa terhadap kemampuan berbicara baik pada mahasiswa extrovert maupun introvert meskipun presentasinya rendah mengingatbahwafaktor yang mempengaruhi prestasi berbicara mahasiswa tidakhanyapadafaktorinisaja.Bisa diartikan bahwa ada beberapa faktor diluar penelitianiniyang mungkin mempengaruhi prestasi berbicara. Implikasidaripenelitianini khususnyabagipengajar disarankan untuk mendorongsiswauntukmemilikisikap yang baikdanmotivasi yang tinggi terhadap BahasaInggris.Pentinguntukdiketahuibahwasiswa extrovert adalahsiswa yang talkative danmudahuntukberkomunikasi tapi itu tidak menjamin bahwa mereka bagusdalamberbicaraBahasaInggris.Siswa introvert yang pendiam dan lebih memilihaktivitasmenulisdaripadaberbicara dalam penelitian ini menunjukkan kemampuanberbicara yang samabagusnyaseperti yang dilakukansiswa extrovert. Untukpenelitiselanjutnya yang inginmelakukanpenelitianserupa disarankanuntukmelakukanpenelitiankejangkauan yang lebih luas seperti korelasiantarasikap motivasi dan prestasi berbicarapadasiswapemula menengahdanlanjutatauaspek lain darifaktorafektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |