Penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SDN Sentul 02 Kota Blitar / Moh. Adibul Akrom - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SDN Sentul 02 Kota Blitar / Moh. Adibul Akrom

Akrom, Moh. Adibul (2015) Penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SDN Sentul 02 Kota Blitar / Moh. Adibul Akrom. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Akrom Moh Adibul. 2015. Penggunaan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN Sentul 02 Kota Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Lilik Bintartik M.Pd (II) Drs. Rochani S.Pd Kata kunci peningkatan hasil belajar multimedia interaktif Berdasarkan observasi yang dilakukan pada kelas IV SDN Sentul 02 Kota Blitar diketahui bahwa (1) guru belum menyiapkan RPP saat mengajar (2) guru dominan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saat mengajar (3) guru jarang menggunakan media saat mengajar (4) sumber belajar yang sering dipakai hanyalah buku paket. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran IPA tidak berjalan sesuai konsep dasar pembelajaran IPA yang menggunakan pendekatan proses ilmiah dan kurang maksimalnya hasil belajar siswa sehingga perlu diadakannya penelitian. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang perubahan lingkungan fisik di kelas IV SDN Sentul 02 Kota Blitar Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes catatan lapangan wawancara dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan mereduksi data menyajikan data dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran IPA tentang perubahan lingkungan fisik di kelas IV SDN Sentul 02 Kota Blitar telah dilaksanakan dengan sangat baik oleh guru dan siswa. Terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar klasikal siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pratindakan yang sebesar 57 meningkat 16% menjadi 73 pada siklus I dan meningkat lagi 14% menjadi 87 pada siklus II. Sementara ketuntasan belajar klasikal siswa pada pratindakan yang sebesar 11% meningkat menjadi 62% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 100% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan multimedia interaktif yang dilaksanakan guru dan siswa dengan sangat baik pada pembelajaran IPA tentang perubahan lingkungan fisik dapat meningkatkan hasil belajar yang baik dan ketuntasan belajar klasikal yang sangat baik di kelas IV SDN Sentul 02 Kota Blitar. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran agar hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5880

Actions (login required)

View Item View Item