Implementing team pair solo strategy using picture puzzle and sensory details chart to improve the ability of seventh grade students in writing descriptive text / Faradiba - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing team pair solo strategy using picture puzzle and sensory details chart to improve the ability of seventh grade students in writing descriptive text / Faradiba

Faradiba (2016) Implementing team pair solo strategy using picture puzzle and sensory details chart to improve the ability of seventh grade students in writing descriptive text / Faradiba. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faradiba. 2016. ImplementasiStrategi Team Pair Solo dengan Menggunakan Picture Puzzle dan Sensory Details Chart untukMeningkatkanKemampuanSiswa Kelas Tujuh dalamMenulisTeksDeskriptif. Tesis ProgramPendidikanBahasaInggris. Program PascaSarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Prof.UtamiWidiati M.A Ph.D (2) Dr. Johannes AnantoPrayogo M.Pd. M.Ed. Key Words Picture Puzzle Sensory Details Chart Team Pair Solo KemampuanMenulis TeksDeskriptif Menulisadalahsalahsatukeahlianbahasa yang komplekssebagaikompetensidasar yang dituntutolehkurikulumuntukdapatdicapaiolehsiswa-siswasekolahmenengah.Penelitianawalmenunjukkanbahwasiswamengalamikesulitandalammenulisteksdeskriptif.Selainmasalahkomponenmenulis rendahnyamotivasisiswadalammenulisjugamenjadimasalahutama.Denganpengimplementasianstrategi Team Pair Solo denganmenggunakanpuzzle bergambardan sensory details chart dapatmenjadisolusidanmeningkatkankemampuansiswadalammenulis. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas.Subjekdaripenelitianiniterdiridari 24 siswakelastujuhtahunpelajaran 2015/2016.Perencanaan pelaksanaan pengamatandanrefleksidilaksanakandalamsatusiklusdimanaterdiridarilimapertemuan 4 pertemuanuntukpenerapanstrategidan 1 pertemuanuntukmelaksanakantesmenulis. Data yang diperlukanolehpenelitianinidiperolehmelaluitesmenulis lembarobservasi catatanlapangandankuisioneruntuksiswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi ini berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis deskriptif teks. Data yang diperolehdari tes menulismengindikasikanbahwastrategiinimeningkatkankemampuanmenulissiswadenganpeningkatannilai rata-rata menulissebesar 22 08 yang mulanya 53 75 menjadi 75 83 setelahpenerapanstrategiini. Dalamtesakhirparasiswamenghasilkantulisan yang lebihbaik danperhatianterhadapaspek-aspektulisanjugalebihbaikdibandingkanhasildaripenelitianawal.Temuanpenelitianinijugamenunjukkanpeningkatanjumlahsiswa yang mencapai KKM menjadi 83 34%. Peningkatan ini terjadi karena penerapan strategi dengan langkah-langkah berikut (1) di dalam team (4 siswatiapgrup) mengajukanpertanyaan untuk mendapatkan petunjuk tentang hewan yang akan dideskripsikan menyelesaikan puzzle melengkapidaftar sensory details chart menentukandanmengembangkankalimatutama (2) melanjutkanmenuliskalimat-kalimatrinci membacatulisanteman memberikanmasukanberdasarkandaftarlembarkerja mendiskusikantemuandenganpasanganmasing-masing (3) kerjaindividu merevisi mengeditberdasarkanhasiltemuandenganpasangandanmenyelesaikantulisansecarakeseluruhan. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa penerapan strategi Team Pair Solo dengan menggunakan puzzle bergambar dan sensory details chart dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis deskriptif teks dan juga dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Guru-guru bahasaInggris yang menghadapi masalah yang samadapatmenggunakanstrategiinisebagaisolusialternatifdalammengajarkanmenulis. Temuanpenelitianinijugadapatmenjadireferensi yang potensialbagipenelitiberikutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58799

Actions (login required)

View Item View Item