Implementing process-based approach and gallery walk using cartoon movies to improve the eighth graders' ability in writing narrative texts / Agatha Nila Sukma M. - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing process-based approach and gallery walk using cartoon movies to improve the eighth graders' ability in writing narrative texts / Agatha Nila Sukma M.

Sukma M., Agatha Nila (2016) Implementing process-based approach and gallery walk using cartoon movies to improve the eighth graders' ability in writing narrative texts / Agatha Nila Sukma M. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukma M. Agatha Nila. 2016. Penerapan Pendekatan Berbasis Proses dan Strategi Gallery Walk dengan Menggunakan Film Kartun untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas Delapan dalam Menulis Teks Naratif.Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. UtamiWidiati M.A. Ph.D. (II) Prof. BambangYudiCahyono M.Pd. M.A. Ph.D. Kata Kunci pendekatan proses gallery walk film kartun kemampuan menulis teks naratif. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan proses dan strategi gallery walk dengan menggunakan film kartun untuk mengatasi masalah-masalah siswa kelas delapan dalam menulis teks naratif. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa masih rendah. Subjek dari penelitian ini adalah 31 siswa kelas VIII. G SMPN 20 Bandar Lampung pada semester kedua tahun ajaran 2015/ 2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dengan mengikuti empat tahapan yaitu perencanaan (planning) penerapan (implementation) pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Penerapan proses menulis dan strategi gallery walk dalam penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari 6 pertemuan. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan tiga instrumen yaitu tes menulis (writing test) kuisioner (questionnaire) dancatatan lapangan (field notes). Penerapan strategi ini mengikuti pendekatan proses dalam menulis yang mencakup planning drafting revising editing and publishing. Langkah-langkah dalam strategi ini meliputi (1) planning/ pre-writing (meminta siswa untuk menonton sebuah film kartun pendek dan melakukan gallery walk) (2) drafting (meminta siswa untuk menulis cerita berdasarkan cerita yang sudah ditonton dan dibaca) (3) revising (meminta siswa untuk memperbaiki tulisan berdasarkan masukan dari guru) (4) editing (mengarahkan siswa untuk secara berpasangan saling memeriksa tulisan teman) dan (5) publishing (meminta siswa untuk menempelkan tulisan akhir siswa pada poster yang tersedia dan melakukan gallery walk untuk membaca tulisan-tulisan teman). Temuan-temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan proses dan gallery walk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks naratif. Kemampuan rata-rata siswa meningkat dari 52.25 pada studi pendahuluan menjadi 75 pada tes menulis. Data juga menunjukkan bahwa seluruh siswa memiliki respon positif terhadap penerapan strategi ini. Berdasarkan temuan-temuan dalam penelitian ini guru-guru bahasa Inggris disarankan untuk menerapkan strategi ini sebagai solusi alternatif untuk mengatasi masalah serupa. Mereka juga dapat memodifikasi strategi ini agar sesuai dengan kebutuhan siswa. Bagi para peneliti selanjutnya penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk menyeselesaikan penelitian mereka dalam keterampilan bahasa maupun level pendidikan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58795

Actions (login required)

View Item View Item