Mutiaraningrum, Ira (2016) Ability in writing argumentative essay based on online debating across cognitive learning styles / Ira Mutiaraningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mutiaraningrum Ira. 2016. Kemampuan Menulis Esai Argumentatif Berdasarkan Debat Daring Lintas Gaya Belajar Kognitif. Magister Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono Ph.D. (II) Francisca Maria Ivone M.A. Ph.D. Kata Kunci debatdaring esai argumentatif gaya belajar kognitif. Kemajuan teknologi menawarkan inovasi yang berpotensi meningkatkan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penggunaan debat daring (dalam jaringan) terhadap kemampuan mahasiswa menulis esai argumentatif lintas gaya belajar kognitif mereka. Gaya belajar kognitif yang dimaksud dalam penelitian ini adalah field independent (FI) dan field dependent (FD). Mahasiswa dalam penelitian ini diberikan media berupa debat daring sebagai media pelengkap pembelajaran Blended Learning di sebuah group Edmodo selama mata kuliah Argumentative Writing. Debat daring diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam membangun dan mengembangkan argument serta sanggahan dalam menulis esai argumentatif. Maka penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan posttest onlywith 2x2 factorial design . Mahasiswa yang menjadi sampel penelitian ini merupakan mahasiswa semester empat Universitas Negeri Malang yang mengambil mata kuliah Argumentative Writing. Mahaiswa yang tergabung dalam kelas experiment adalah 27 mahasiswa sementar jumlah mahasiswa dikelas control berjumlah 28 mahasiswa.Group Embedded Figure Test (GEFT) digunakan untuk mengklasifikasi mahasiswa menjadi FI dan FD. Sebuah kuesioner juga digunakan untuk mengetahui pendapat mahasiswa terkait penggunaan debat daring. Untuk menganalisis data statistik parametik dalam bentuk independent sample t-testdigunakan karena data telah memenuhi asumsi statistik. Hasil penemuan penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0 05 (sig. 0.105 sig .05)sehingga disimpulkan tidak terdapat perbedaan nilai esai argumentatif yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok control. Alasan yang melatar belakangi ketidakefektifan penggunaan debat daring antara lain yaitu ketidaksiapan mahasiswa dalam menggunakan pembelaran Blended Learning. Mahasiswa mengalami kesulitan dengan akses internet menunda-nunda berpartisipasi di debat daring kurang akrab dengan penggunaan debat daring dan mengalami kebingungan dalam menggunakan pengetahuan yang didapat dari diskusi dalam menulis esay argumentatif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara kemampuan mahasiswa dalam menulis esai argumentative dengan gaya belajar kognitif FI dan FD. Selain itu penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara penggunaan debat daring dan gaya belajar kognitif mahasiswa. Hasil penelitian ini juga menunjukan sikap positif mahasiswa terhadap penggunaan debat daring dalam pembelajaran Blended Learning. Kesimpulannya walaupun penggunaan debat daring tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis esai argumentatif mahasiswa debat daring bisa menjadi salah satu alternatif media dalam menunjang pembelajaran di luar kelas. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih dalam penggunaan debat daring yang berkaitan dengan aspek bahasa Inggris yang lain mata kuliah yang berbeda dan gaya belajar lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58794 |
Actions (login required)
View Item |