The effect of coded and non-coded correction feedback on the quality of students' writing / Desak Made Indah Dewanti - Repositori Universitas Negeri Malang

The effect of coded and non-coded correction feedback on the quality of students' writing / Desak Made Indah Dewanti

Dewanti, Desak Made Indah (2016) The effect of coded and non-coded correction feedback on the quality of students' writing / Desak Made Indah Dewanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewanti Desak Made Indah. 2016. Pengaruh Umpan Balik Tertulis Berkode dan Tak Berkode pada Kualitas Tulisan Bahasa Inggris Siswa. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Ali Saukah M.A. Ph.D. (II) Dr. Ekaning Dewanti Laksmi M.Pd. M.A. Kata Kunci umpan balik tertulis umpan balik tertulis berkode umpan balik tertulis tak berkode kualitas tulisan Written corrective feedback (WCF) atau yang juga disebut koreksi grammar atau umpan balik tertulis telah dipelajari di kelas menulis Bahasa Inggris sebagai bahasa asing selama bertahun-tahun. Corrective feedback yang merupakan respon guru terhadap kesalahan siswa dalam menulis terdiri dari berbagai bentuk atau strategi. Efektivitas dari setiap bentuk dan strategi feedback telah dipelajari di berbagai jenis penelitian. Coded Correction Feedback (CCF) atau umpan balik tertulis berkode dan Non-Coded Correction Feedback (NCCF) atau umpan balik tertulis tak berkode adalah dua jenis feedback yang disebutkan efektif untuk siswa di berbagai studi. Namun ada beberapa hal yang masih bisa diteliti lebih lanjut dari berbagai studi tentang written corrective feedback sebelumnya yaitu mencakup tentang komponen tulisan fokus penelitian metode dan subjek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan efektivitas antara CCF dan NCCF terhadap kualitas tulisan siswa di tingkat sekolah menengah atas. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah repeated measure design. Setiap subjek mendapatkan kedua jenis feedback yakni Coded Correction Feedback (CCF) dan Non-Coded Correction Feedback (NCCF). Efek dari kedua jenis feedback diukur dengan membandingkan skor tulisan siswa setelah mendapatkan CCF dengan skor tulisan lain dari siswa tersebut setelah mendapatkan NCCF. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Singaraja dengan melibatkan 53 siswa dari kelas XI. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal writing (2 jenis soal untuk 2 tulisan) dan rubrik skor untuk menilai tulisan siswa. Hasil perhitungan statistik studi ini menunjukkan bahwa jenis feedback yang berbeda menyebabkan skor tulisan siswa sekolah menengah atas berbeda secara signifikan. Nilai t yang diperoleh thasil 3.137 lebih tinggi dari nilai t tabel tcritical 2.308 (Df 52 dan 945 0.052-tailed). Hasil rerata skor tulisan siswa setelah menerima CCF sebesar 82.58 sedangkan hasil rerata skor tulisan siswa setelah menerima NCCF sebesar 80.80. Dari segi praktis hasil sampel studi menunjukkan bahwa jenis feedback yang berbeda menyebabkan tulisan siswa sekolah menengah atas memiliki kualitas yang berbeda terutama dari segi struktur bahasa. Dapat disimpulkan bahwa hasil studi ini menunjukkan bahwa jenis feedback yang berbeda menyebabkan kualitas tulisan siswa sekolah menengah atas berbeda secara signifikan. Disarankan kepada guru Bahasa Inggris agar mengetahui pentingnya corrective feedback dan dapat mulai menerapkan Coded-Correction Feedback untuk meningkatkan kualitas tulisan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58792

Actions (login required)

View Item View Item